PUSH TO TALK (PTT)

Apakah Push to Talk (PTT) itu..? Apakah Handphone anda punya fitur PTT.. ? Jika iya, apakah fitur itu bisa digunakan..?

Push to talk (PTT) (layanan jaringan) adalah layanan suara real-time melalui layanan IP yang dijalankan melalui jaringan data paket. Push to talk memberikan komunikasi suara langsung dengan menekan sebuah tombol. Gunakan push to talk untuk berkomunikasi dengan satu orang atau dengan grup tertentu.

TEKNOLOGI Push-To-Talk (PTT) bisa diartikan sebagai layanan komunikasi satu arah yang memungkinkan dua ponsel saling berbicara, seperti pembicaraan pada dua pesawat walkie talkie atau handie talkie (HT).

Dalam kondisi normal, ponsel yang kita miliki saat ini menganut teknologi full-duplex.
 
Artinya kedua belah pihak yang saling berbicara bisa saling mendengar satu sama lain pada saat yang bersamaan. Misalnya A dan B berkomunikasi.

Jadi, A dan B bisa saling bersahutan memotong pembicaraan tanpa harus menekan tombol tertentu untuk berbicara serta memotong lawan bicara.

Ini berbeda dengan teknologi PTT yang pada dasarnya menggunakan teknologi half-duplex, yaitu komunikasi hanya bisa berlangsung dalan satu arah.

Untuk mengontrol siapa saja yang harus berbicara dan yang harus mendengarkan, PTT mengharuskan A menekan tombol sewaktu bicara dan melepaskan lagi  tombol itu bila selesai berbicara di ponsel.

Sebaliknya, B tak menenakan tombol apa pun untuk mendengarkan lawan bicara. Barulah ketika akan memberikan respon, B menekan tombol untuk  berbicara dan A bisa mendengar, karena telah  melepas tombol bicara.

Kelihatannya memang lebih repot dibandingkan dengan telepon biasa yang full duplex: tak berebut menekan tombol untuk memotong pembicaraan.

Teknologi PTT diperkenalkan kali pertama pada 2002. Layanan ini diluncurkan via jaringan 3G dan teknologi VoIP voice over Internet protocol.

Komunikasi PTT bisa dilakukan oleh lebih dari dua ponsel PTT, seperti layaknya pada HT yang bisa dilakukan oleh lebih dari dua pesawat HT.

Lalu apa kelebihan dari ponsel atau  layanan PTT ini? Salah satu di antara kelebihannya adalah PTT memiliki kemampuan memblokir atau menyingkirkan  peserta yang tak diterima oleh peserta bicara dalam satu grup.

Kelebihan lain, PTT bisa menyembunyikan nama dan status kehadiran pengguna dari peserta atau grup obrolan lain.

Sebelum dapat menggunakan push to talk, Anda harus menetapkan jalur akses dan pengaturan push-to-talk.
Anda mungkin menerima pengaturan tersebut dalam pesan teks khusus dari operator selular yang menawarkan layanan push-to-talk. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Setting wizard untuk konfigurasi jika didukung oleh operator jaringan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Setting wizard, lihat panduan yang tersedia pada halaman dukungan produk Nokia N77 di www.nokia.co.id/N77/support atau di situs web Nokia setempat.

Tekan , lalu pilih Peralatan > PTT. Dalam komunikasi push-to-talk, satu orang akan berbicara
sementara yang lain mendengarkan melalui loudspeaker dalam telepon. Para pembicara akan berbicara bergantian.

Karena hanya satu anggota grup yang dapat bicara pada satu waktu, lama maksimal giliran bicara dibatasi. Lama maksimal tersebut biasanya ditetapkan hingga 30 detik. Untuk informasi lebih lanjut tentang lama giliran bicara pada jaringan Anda, hubungi operator jaringan, tp sayang di indonesia fitur ini tidak di terapkan,tidak seperti di negara-negara lain seperti eropa,amerika,bahkan malaysia pun sudah menerapkan nya.

kenapa di indonesia tidak atau belum.????

xixixixixiixixixxii.i..ii..i....tanya saja ke operator selular anda, atau memang sengaja tidak di terapkan karena "bila fitur ini di terapkan bisa-bisa penjual pulsa dagangannya gak laku-laku jd operator yang merasa
merugi."

Sekian ,semoga bermaanfaat buat rekan semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar