TIPS MEMILIH MOUSE

TIPS MEMILIH MOUSE. Mungkin saat ini Anda berniat membeli mouse baru. Tapi Anda bingung harus memilih mouse yang seperti apa? Bagaimanakah mouse yang baik itu? Berikut tips-tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih mouse yang baik.
Mouse yang baik adalah mouse yang baik adalah mouse yang sesuai kebutuhan Anda. Tidak lebih tidak kurang. Lalu bagaimana cara memilih mouse yang tepat untuk Anda? Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:
Harga: Tentukan dulu dana Anda

Menurut saya, harga adalah hal terpenting yang harus dipertimbangkan. Periksalah dana Anda. Berapa dana yang Anda sediakan. Ini untuk menghindari membeli mouse berharga mahal ‘secara tiba-tiba’. Bisa saja ketika sampai di toko, Anda lihat ada mouse bagus, lalu Anda langsung membelinya meskipun mahal. Padahal bukan mouse seperti itu yang Anda butuhkan. Sebelum menuju toko, tentukanlah dana Anda.


Fungsi: Jangan sampai mouse canggih jadi sia-sia

memilih mouse gambar: www.prlog.org
Tanyalah pada diri sendiri. Apa fungsi mouse bagi Anda? Jika hanya untuk kegiatan kantoran, maka Anda tidak perlu mouse dengan banyak fitur. Cukup mouse standar. Jika Anda seorang gamer maka Anda perlu mouse yang memudahkan kontrol game. Jika Anda seorang presenter mungkin Anda harus mempertimbangkan antara mouse berkabel dan mouse tanpa kabel (wireless).
Jangan membeli mouse dengan banyak fitur hebat tapi nantinya tidak pernah Anda gunakan.


Seberapa sering dan seberapa berat pemakaiannya

Jika Anda sering menggunakan mouse, terutama untuk kegiatan berat (banyak klik dalam waktu singkat) seperti game saran saya beli lah mouse yang lebih bagus kualitasnya. Memang harganya akan lebih mahal, tapi mouse demikian akan lebih awet. Saya sudah menghabiskan mungkin hampir 10 mouse. Di awal-awal memakai laptop, saya hanya membeli mouse seharga 15-30 ribu. Hasilnya, karena saya seorang pengguna laptop yang aktif, ditambah lagi saya cukup sering main game, 2-3 bulan kemudian mouse tersebut rusak.
Akhirnya saya menggunakan mouse berharga di atas 100 ribu, yang menurut penjualnya cukup bagus dan tahan banting. Hasilnya, dua tahun lebih mouse tersebut tidak rusak. Baru sekitar akhir tahun lalu mouse tersebut rusak. Jika dibandingkan dengan mouse 15-30 ribu dengan umur pakai 2-3 bulan, maka mouse 100 ribu ke atas akan lebih menghemat dana saya. Saya hanya membeli mouse tersebut 2 tahun sekali.
Selain awet, mouse dengan kualitas lebih baik memiliki tombol yang lebih empuk. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk melakukan klik. Tujuan tombol yang lebih empuk adalah untuk menghindari jari yang cepat lelah.


Ukuran mouse: sesuaikan dengan tangan dan kebutuhan Anda

Jangan hanya karena ada mouse kecil lucu atau besar dan gagah, Anda kemudian segera memilihnya. Utamakan kenyamanan penggunaannya. Imut-imut atau gagah tidak akan membantu Anda dalam bekerja.
Jika Anda pria, sebaiknya gunakan mouse berukuran agak besar. Kebanyakan pria memiliki tangan yang besar. Mouse terlalu kecil akan sangat mengganggu dan cepat membuat tangan lelah. Saya sudah pernah memakainya. Mouse seukuran bakpia. Jari-jari saya jadi saling menempel. Sangat tidak nyaman digunakan dalam waktu lama.
Jika Anda wanita, mouse yang lebih kecil akan cocok. Alasannya, tangan wanita biasanya lebih kecil dari tangan pria. Dan jika dilihat dari segi gaya, biasanya wanita juga suka barang yang imut-imut. :D Saya lihat ini ketika ke perpustakaan dan melihat orang menggunakan laptop. Kebanyakan cewek menggunakan mouse berukuran kecil.
Jika Anda menggunakan laptop, pilihlah mouse yang lebih kecil (tapi tetap memperhatikan kenyamanan). Laptop tentunya akan sering dibawa bepergian. Dengan mouse yang kecil maka ruang di tas laptop jadi agak longgar. Perlu Anda ketahui, tas laptop yang terlalu penuh kemungkinan besar akan merusak layar laptop. Laptop akan tertekan, kemudian layar akan menekan keyboard. Akibatnya layar laptop Anda akan timbul flek-flek putih terang. Ini yang dialami laptop pertama saya.
Untuk game, akan lebih nyaman menggunakan mouse besar. Genggaman tangan akan lebih mantap dengan mouse ini. Saya sudah pernah menggunakan mouse berukuran imut-imut sampai yang besar. Untuk bermain game, paling nyaman ya yang besar.


Bahan mouse: Menghindari mouse yang menjijikkan

Mungkin Anda hampir tidak pernah mempedulikan bahan mouse. Yang penting bagus, tepat guna, dan enak dipakai. Tapi jika Anda mau mengamati, bahan mouse yang tidak tepat akan membuat mouse cepat kotor.
Pengalaman saya, bahan yang mengkilat dan licin akan lebih cepat kotor daripada bahan yang tidak mengkilat. Bahan mengkilat ini akan lebih cepat mengumpulkan daki dari jari-jari penggunanya. Nantinya di tombol klik mouse tersebut akan terkumpul daki yang…. euhhh… cukup jorok.
Saya tidak tahu pasti nama bahan plastik pembuat mouse. Tapi yang saya maksud dengan bahan mengkilat dan yang tidak adalah sebagai berikut:
= Bahan mengkilat dan licin: mirip bahan balpoint pilot yang paling murah
= Bahan tidak mengkilat: mirip permukaan bawah laptop

Jika komputer Anda digunakan beberapa orang, tentunya mouse yang kotor akan sangat mengganggu. Orang lain dan Anda sendiri bisa jijik untuk menggunakan mouse tersebut. Jadi pilihlah bahan yang tepat.


Apa pertimbangan Anda?

Poin-poin di atas adalah pertimbangan saya pribadi. Berdasarkan pengalaman. Lalu bagaimana dengan Anda? Punya pertimbangan lain? Ceritakanlah agar rekan-rekan kita di sini makin bijak memilih barang yang cukup penting tersebut.

3 komentar:

Symbian Plus mengatakan...

siiip ..
mampir gan ..
:)

alunk prima putra mengatakan...

semangat bro

infonitas com mengatakan...

Klo sya beli mouse yang penting mah enak buat main game..
Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

Posting Komentar