LINDUNGI PERANGKAT ANDROID DARI VIRUS

Saat ini serangan virus dan malware tidak hanya menyerang komputer, bahkan sudah mulai menyerang perangkat Android. OS Android adalah open source sehingga setiap orang dapat membuat aplikasi virus untuk membahayakan hidup Anda dan perangkat Android Anda juga. Apalagi jika Anda mengunduh aplikasi dari situs yang berbahaya. Untuk itu Anda harus selalu berhati-hati dengan tidak mengunduh aplikasi dari sembarang situs. Berikut ini beberapa tips melindungi perangkat Android dari virus.

Proteksi Password
Keamanan bisa dimulai dari tangan Anda terlebih dahulu, Anda dapat mengatur password pada perangkat Android Anda karena itu adalah proses keamanan yang paling penting. Anda dapat mengatur auto-lock perangkat Anda pada periode waktu tertentu, dan tidak perlu aplikasi apapun untuk mengunci otomatis Android Anda. Ini karena dapat diakses dari Settings ? Location & Security. Gunakan karakter khusus pada password Anda sehingga sulit untuk di bobol.
Jangan Unduh Aplikasi
Ada sejumlah aplikasi yang dapat diunduh pada perangkat Android. Mengunduh dan menggunakan aplikasi dari sumber yang tidak aman dapat berbahaya bagi OS perangkat Android Anda. Untuk itu jangan unduh aplikasi tanpa alasan apapun dan Anda harus tahu tentang aplikasi yang Anda unduh. Jika Anda merasa ada yang aneh dengan aplikasi tersebut atau tanpak meragukan maka jangan sekali-kali mengunduhnya, karena bisa saja mengandung malware.
Coba lihat pada bagian komentar
Setiap aplikasi memiliki beberapa komentar dari pengguna, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang memiliki beberapa masalah atau bekerja dengan baik. Mungkin saja komentar yang ada juga palsu, untuk itu Anda harus hati-hati dan teliti dalam membaca komentar.
Reguler Update
Android merilis banyak pembaruan secara reguler, pembaruan ini memiliki patch keamanan yang penting bagi perangkat Android Anda. Periksa secara teratur update terbaru untuk mendapatkan fitur keamanan terbaik.
Gunakan Antivirus
Anda juga dapat menginstal aplikasi antivirus pada Android Anda untuk mendapatkan keamanan yang lebih. Banyak aplikasi antivirus populer yang tersedia di internet seperti Smobile Systems Security Shield, WaveSecure dan AVG Android Antivirus. Antivirus ini dapat memindai seluruh perangkat Anda, SMS, kartu memori, email dan isi web.
Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar