WINDOWS 7 : PERBESAR PREVIEW DI TASKBAR

Sudah pada pakai Windows 7 kan hehehe?? Kali ini gw mau sharing tips cara memperbesar preview di taskbar Windows 7. Mungkin bisa berguna untuk melihat sementara aplikasi/file yg kita buka terutama jika kita membuka banyak aplikasi/file.

Microsoft menyediakan fitur untuk menampilkan preview dari aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di taskbar di sistem operasi Windows 7. Sayangnya, bagi sebagian orang ukuran standar jendela preview yang disediakan Microsoft tersebut mungkin terasa terlalu kecil. Apakah Anda juga merasakan hal tersebut? Bila ya, trik sederhana yang akan kami bahas pada artikel ini mungkin akan berguna untuk Anda!


Pengubahan ukuran jendela preview dapat dilakukan melalui pengubahan entri registry Windows 7. Oleh karena itu, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka registry editor (regedit), yang dapat digunakan untuk mengubah isi registry.

Catatan: Bila Anda tidak terbiasa bermain-main dengan registry, harap berhati-hati agar tidak mengubah entry registry yang tidak seharusnya diubah. JagatReview tidak bertanggung jawab atas kemungkinan adanya permasalahan yang mungkin terjadi karena kesalahan pengubahan registry.

Setelah registry editor terbuka, di kolom sebelah kiri, cari entri registry “HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Taskband“.

Beralih ke kolom kanan, temukan entri bernama “MinThumbSizePx” dengan tipe REG_DWORD. Bila entri tersebut tidak Anda temukan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan melakukan klik kanan pada area kosong kolom kanan, kemudian memilih pilihan “New” dan “DWORD (32-bit) Value“.



Selanjutnya, klik ganda entri tersebut dan ubah value data-nya ke ukuran lebar jendela preview yang Anda inginkan. Di contoh ini, kami mengubah nilai tersebut ke 400. Ubah pula pilihan base ke “Decimal” agar nilai yang Anda masukkan tidak tersimpan sebagai bilangan basis 16 (hexadesimal) yang tentu saja memiliki nilai berbeda dengan bilangan basis 10 (desimal) yang biasa kita gunakan.

Langkah terakhir, tutup registry editor dan lakukan restart. Setelah restart, Anda bisa melihat jendela preview di Windows 7 Anda telah berubah ukuran! Bila Anda masih merasa ukuran yang telah Anda atur belum sesuai dengan keinginan Anda, ulangi langkah-langkah di atas sampai Anda mendapatkan hasil yang sesuai.

Semoga berhasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar