RAJIN - RAJINLAH MEMBERSIHKAN KOMPUTER ANDA

Tahukah anda, jika dudukan toilet masih lebih bersih daripada peralatan kantor (terutama komputer anda) ? Apalagi jika anda termasuk tipe pekerja kantor yang sibuk dan tak sempat membersihkan meja kantor anda. Hati-hati, meskipun tampak bersih, peralatan kantor di meja anda, ternyata dapat menjadi sumber penyakit.

Perangkat keras seperti : monitor, keyboard, dan mouse memang dapat dikatakan teman setia anda di kantor. Dari pagi hingga menjelang pulang, alat-alat ini akan selalu setia mendampingi anda. Bahkan, tak sedikit juga orang yang menjadikan meja kantor sebagai tempat makan hingga tidur.

Penelitian yang di lakukan oleh Charles Gerba, seorang peneliti dari Arizona University (Amerika) menunjukkan, jumlah rata-rata bakteri dalam monitor komputer adalah sebanyak 20.961, keyboard komputer 3.295, dan mouse 1.676. Bahkan jumlah bakteri dalam peralatan kantor jauh lebih banyak daripada dudukan toilet (rata-rata 49 bakteri), karena dudukan toilet cenderung lebih sering dibersihkan.



Selain perangkat komputer, peralatan kantor yang mengandung banyak bakteri adalah telepon. Dalam telepon terkandung bakteri paling banyak, yaitu sekitar 25.127 bakteri.

Berbahayanya, bakteri-bakteri yang terkandung dalam peralatan kantor dapat masuk ke saluran pernafasan. Jangan heran, jika penyakit-penyakit, seperti flu, radang paru-paru, dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) pernah anda alami.

Sebagai langkah pencegahan, salah satu solusinya tentu ada perlu membersihkan peralatan kantor secara rutin. Caranya cukup mudah, berishkan monitor, keyboard, dan mouse dengan kain lap yang ditetesi alkohol. Hal ini akan membuat bakteri berkurang hingga 99%. Untuk telepon anda, cukup mengoleskan lotion ke gagang telepon, lalu bersihkan dengan kapas.

Bagian-bagian lain yang perlu diperhatikan adalah di sela-sela keyboard. Anda dapat menggunakan kuas kecil untuk membersihkan sudut-sudut yang sulit dijangkau. Untuk mouse, anda perlu memperhatikan bagian scroll, sehingga mouse dapat kembali digunakan dengan lancar.

Tak salah memang jika ada pepatah yang mengatakan kesehatan seseorang, dipengaruhi oleh perilakunya sehari-hari. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, mari biasakan hidup bersih, dimulai dari kebersihan meja kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar