ANDROID

Android adalah software platform yang open source untuk mobile device. Android berisi  sistem operasi, middleware dan aplikasi-aplikasi dasar.  Basis OS Android adalah kernel linux 2.6 yang telah dimodifikasi untuk mobile device.



Kiranya sekarang sudah banyak yang mendengar tentang android dan boomingnya.  Dalam tulisan iseng ini, saya mau berbagi cerita tentang awal mulanya android kenapa bisa muncul, sudah sampai mana dan mau kemana. Tulisan ini sebagian pernah saya ceritakan sebagai bagian presentasi dalam gathering id-android yg entah ke berapa kali, dan sedikit dalam peluncuran Dell Streak. Kiranya bermanfaat buat android lover dan gadgeteer lainnya, untuk melihat semangat yang dikandung android di dalamnya.

Suatu ketika Google, raksasa search engine, membeli Android inc, yang dipimpin Andy Rubin. Setelah dibeli, Google mengangkat Andy Rubin sebagai Vice President of Engineering urusan android, google menyadari,  Andy Rubin yang berkutat di android adalah orang yang paling mengerti tentang android, orang ini tetap harus memimpin.

(Bandingkan dengan kisah Steve Jobs di Apple inc, dia yang membuat apple, dia memberi rohnya, saat membesarkan Apple, eh dia bisa disingkirkan dari Apple sampai harus membuat Next computer, dan akhirnya kembali ke Apple menghasilkan kejayaan).

Saat itu digelar meeting, untuk mendengarkan visi dan misi dari Android yang dibawakan oleh Andy Rubin.
Hadir disana adalah VP Engineering google, Vic Gundotra. Ketika meeting baru mulai dan Andy siap memaparkan apa itu android, Vic langsung menyela dengan skeptis, dengan pertanyaan : "Andy, apa dunia ini benar masih butuh mobile operating system lain?" Usaha google adalah di mesin pencari dan iklan, dan mesin pencari google sudah ada disetiap smartphone.

Saat itu di dunia sudah ada banyak operating system, ada Windows Mobile, ada Blackberry, ada Symbian , dan ada rajanya smartphone, Apple dengan iPhone or iOS nya, belum lagi operating system kecil lain.

Dan Andy menjelaskan demikian, ada 2 point utama kenapa android harus dibuat.

Point pertama.
Saat ini kita sedang kritis, dan butuh sebuah operating system yang free dan terbuka (open source) supaya setiap developer bisa bebas berinovasi di setiap level di dalamnya. Dengan cara ini para pembuat handset atau vendor bisa membuat handset sesuai keinginannya, boleh layar 2", 3" atau 4". Boleh pakai keyboard, boleh tidak., boleh ada kamera depan atau tidak...

Dan nanti semua operator bisa ikut bergabung bersama sesuai kemampuan mereka, boleh 2G, 3G, 4G, LTE, Wimax, boleh CDMA boleh GSM dll.

Akhirnya nanti adalah konsumen yang diuntungkan, mereka bisa menentukan sendiri handset smartphone android mana yang terbaik menurut mereka, sesuai kebutuhan, kemampuan dan operator yang menjadi  pilihan mereka.

----- dan begitulah dasar dari android yang ada sekarang, dalam usia masuk 2 tahun, android ada di berbagai merk, ada yg murah , ada yang mahal, ada yg layar 2 inch, 3" , 4" bahkan 5" dan 7", ada yang kecepatan prosesornya 300Mhz, ada yang 1Ghz, dan ada yang lebih dari itu , ada yang berkeyboard, ada yang berlayar sentuh kapasitif, resistif, berkamera depan, berkamera 3MP, 5MP, 8MP dll, juga dengan berbagai dukungan operator berbeda-beda, android fit di dalamnya.--------

Point ke 2.
Andy menambahkan point ke 2. Karena kini google adalah raksasa IT, google punya kemampuan. Kalau google diam saja, maka dunia akan menghadapi Draconian Future --(draconian future mengacu kepada jaman Yunani ketika seorang bernama Draco menjadi pengatur hukum disana, dimana pelanggaran kecil saja
mendapat hukuman yang berat)--- masa depan yang "sulit" dimana nanti di depan hanya akan ada :

1 Orang
1 Perusahaan
1 Operating System
dan 1 Operator
saja yang bisa jadi pilihan konsumen...

That's the future we don't want ...

(dan sekarang yg baca bertanya-tanya siapa yang dimaksud oleh Andy Rubin sebagai 1 penguasa? , kuncinya adalah tahun 1984 :-))

Pembicaraan ditutup dengan kata2 ini:

Jadi jika kita adalah orang yang percaya akan: Keterbukaan, percaya akan Pilihan dan percaya akan Inovasi
yang bisa dilakukan semua orang

Selamat datang di Android!


Semangat ini yang membawa Android terus berevolusi sampai sekarang, maka dalam 1,5 tahun kehadiran android, sudah dipercaya oleh:
59 Operator
48 Negara
21 OEM
100 ribu aplikasi
200ribu android baru diaktivasi setiap hari.

Dalam umur yang sangat muda, kita merasakah euforia nya merangsek semua aspek, silahkan buka semua grafik yang ada tentang android, semua menyatakan gerakan yang menaik, setiap hari berita-berita gadgets diisi oleh android, setiap beberapa hari android model baru di launching. Semua aspek , semua level konsumen hampir bisa menggunakan android sebagai pilihannya, mau yang murah dikepala 1 juta ada, mau yang tercanggih dan cepat ada, mau yang level mid ada, mau cdma, mau gsm, mau yang bisa hsdpa, mau yang 4G, semua ada.

Sebuah gerakan keterbukaan dan gratis (open source dan free) , membuat pandangan tentang sesuatu yang gratis biasanya tidak bagus, dijungkir balikkan. Lihat aplikasi2 dari google yang gratis tanpa harus bayar, we can say itu adalah aplikasi2 terbaik dibanding yang harus berbayar sekalipun. Lihat mereka yang cepat tanggap dan langsung berani menaiki perahu keterbukaan ini, misalnya Motorola, ketika diambang keterpurukan ketika tidak mampu bersaing dengan merk2 lain dalam hal inovasi, langsung menanjak bahkan memperoleh anugerah best smartphone 2009, dan sekarang adalah merk yang sangat berinovasi dengan android nya di banyak level. Dengan berani boss Motorola berkata :"kedepan motorola hanya akan membuat smartphone android :-) "

Lihat HTC, sama2 langsung berani percaya kepada google dan menjadi partner terbaik, sekarang namanya bersinar di dunia sebagai pembuat smartphone kelas atas dan membukukan keuntungan naik 60% dalam
setahun.

Samsung melakukan gebrakan, mengusung android dan langsung berani fight dengan sang raksasa iPhone, sekarang SGS terjual jutaan dalam waktu singkat, ada di banyak negara, dengan variasi type dan diusung
operator kelas atas.

Nokia , terlena dengan keberhasilannya yang panjang, lupa dan lambat berinovasi, sekarang sulit mengejar 2 raksasa , android dan iPhone. Hanya bisa mengejek ketika ditanya kenapa tidak ikut segera masuk ke
kapal android, " hanya seperti anak kecil yang kencing dalam celana waktu musim dingin, untuk merasakan kehangatan sesaat" begitu kira2 komentar CEO Nokia, dan kini proyek meego nya masih harus berjuang
keras membuktikan diri untuk bersaing dengan raksasa android dan iphone yang terus berlari berkejaran, setelah langkahnya membuat segala macam OVI untuk menyaingi rival penggerusnya BlackBerry kandas.

Blackberry menyadari, dia sangat hebat di sosialita dan server, tapi untuk menggapai level emas smartphone terbaik masih harus digapai lebih keras, ketika usahanya berevolusi di blackberry OS 6 , BB Torch masih dianggap belum selevel duo raksasa. Ini seperti dalam sekolah SMA, biasanya ada seorang murid yang menjadi idola, ganteng, ramah tamah, banyak teman dan disukai banyak orang juga terkenal disekolah. Tapi nanti yang namanya ada dihalaman khusus di buku tahunan, dan terpajang namanya di dinding hall of fame sekolah adalah bukan yang terganteng dan banyak teman, tapi selalu : lulusan terbaik. Dan calon lulusan terbaik itu adalah android dan iPhone.

Itulah fakta yang berbicara dalam 2 tahun ini, tentang keterbukaan, pilihan dan inovasi. Dan sekarang dipuncak pertarungan hanya ada 2 raksasa, android dan iPhone.  (entahlah windows phone 7 akan jadi raksasa yg lain atau tetap akan ada 2 raksasa)

Mari saya bercerita sedikit tentang pengalaman saya dengan android, mengapa saya tergila2 dengan nya. Dulu tahun 2009 saya pernah bercerita tentang why i left blackberry and move on to android, ketika saya memutuskan berganti "kendaraan" dari bb ke android, padahal saat itu BB sedang ada di puncak, dan android baru nongol sebagai handset model ke 2 yang ada di pasaran.  Sekarang sudah ada 100 bahkan lebih model handset android. Saat itu android belum sehebat sekarang, sama seperti saya mengenang ketika pertama mencoba iPhone 2G, saat itu iPhone juga belum sehebat sekarang.

Akhir tahun 2009 google mengumumkan merelease the Nexus One, lompatan android pertama dengan spek tinggi yang melampaui spek iPhone 3Gs sekalipun, membuat oom Steve Jobs ngambek dengan mengatakan " kita tidak masuk ke bisnis mesin pencari, kenapa sekarang google masuk bersaing ke bisnis kita di smartphone!" ( I Love Steve Jobs, kisah hidupnya, visinya, speechnya luar biasa dan saya mengamini dia memang pantas menjadi icon yang membawa perubahaan besar bagi teknologi dunia).

Saya pernah bercerita juga tentang ini (di ketika google bermain cantik) bahwa ternyata dugaan oom Steve salah, google bermaksud lain ketika membuat Nexus One, dan hasilnya nyata, google hanya mendorong lebih jauh vendor2 lain untuk mengayuh lebih cepat, makanya dalam tahun 2010 ini perkembangan smartphone menjadi luar biasa cepat, speed tinggi, layar makin cantik, user interface makih hebat dll. Baru keluar yang terhebat, sebentar kemudian ada yang lebih hebat. Beberapa orang mengatakan : cape, baru beli yg terbaik rasanya sudah ada yang lebih baik lagi.


Android versi 1.0 direlease 23 Sep 08, versi 1.1 pertama kali digunakan di mobile phone (T1).  Versi 1.5 (Cupcake) muncul April 09 yang mendukung soft keyboard,  1.6 (Donut) Sept 09  dan versi terakhir:

·               2.0/2.1 (Eclair) memperbaiki user interface, HTML5  dan Exchange ActiveSync 2.5.
·               2.2 (Froyo), mempercepat kinerja dengan Just In Time compiler dan Chrome V8 JavaScript engine, Wi-Fi hotspot tethering dan suppport Adobe Flash.
·               2.3 (Gingerbread), memperbaiki user interface, soft keyboard, copy/paste features dan support ke Near Field Communication (NFC).
·               2.4 (Gingerbread), an update to 2.3, akan direlease April 2011
·               3.0 (Honeycomb), untuk tablet yang menggunakan layar lebih besar, multicore processors dan hardware acceleration untuk graphics.
·               Ice-cream sandwich, kombinasi 2.3 Gingerbread and 3.0 Honeycomb, akan muncul di pertengahan 2011.



Fitur-fitur

Fitur-fitur android adalah sebagai berikut:
  • Menulis file di SD card.
  • Database dengan SQLite.
  • Application framework berbasis komponen yang memudahkan reuse.
  • Dalvik virtual machine dioptimisasi untuk menjalankan program Java di mobile devices
  • Integrated browser berbasis WebKit engine
  • Optimized graphics tersedia 2D graphics library; dan OpenGL ES 1.0 untuk 3D graphics
  • Media support untuk MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF
  • GSM Telephony fasilitas telepon.
  • Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi
  • Kamera, GPS, compass dan accelerometer 
  • Multitouch


 
Demikian sekilas info tentang ANDROID.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar