TENTANG SIMCARD

TENTANG SIMCARD. Sebuah kartu SIMSubscriber Identity Module) adalah sebuah device yang memilki chip memori portabel yang digunakan dalam beberapa model telepon selular. Kartu SIM juga dapat memudahkan untuk beralih ke telepon baru hanya dengan menggeser SIM dari telepon lama dan memasuki nya ke yang baru.

SIM juga merupakan media penyimpan informasi identitas pribadi, nomor ponsel, buku telepon, pesan teks dan data lainnya. SIMcard dapat pula dianggap sebagai mini harddisk yang secara otomatis mengaktifkan jaringan telepon yang dimasukkan.


Sebuah simcard sering dipakai dalam keadaan tertentu yang menginginkan adanya keselamatan akses data atau security data pada sebuah sistem tertentu. Simcard terdiri dari sebuah kotak dengan dimensi tertentu biasanya adalah 1 cm persegi dan berbasis emas pembalut, hal ini digunakan karena emas adalah konduktor yang paling baik di bumi.

Berikut adalah gambar mengenai proses fabrikasi nya. Biasanya digunakan dalam beberapa industri tertentu misalnya salah satunya adalah industri telekomunikasi. karena metode ini dapat dikembangkan menjadi “Cryptographic smard card”. Computer security merupakan hal yang sangat berpengaruh pada kegunaan simcard ini dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

Adapun mengenai keadaan yang ada didalam simcard adalah sbb:

VCC : Power supply input
RST : Either used itself (reset signal supplied from the interface device) atau merupakan kombinasi dengan sirkuit kontrol reset internal (optional use by the card). Jika internal reset telah ada maka supply tegangan di Vcc adalah wajib dipakai
CLK : Clocking or timing signal (optional use by the card).
GND : Ground (reference voltage).
VPP : Programming voltage input (deprecated / optional use by the card).
I/O : Input or Output for serial data to the integrated circuit inside the card

Semoga teknologi indonesia dapat berkembang dengan cepat seiring dengan naiknya pola pikir masyarakat akan dunia komunikasi data secara cepat dan lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar