Ada beberapa hal yang dapat aku pelajari dalam perjalanan menggunakan kendaraan darat, misalnya etika dan aturan yang tidak tertulis di dalam kehidupan di atas roda itu.
Berikut ini adalah ringkasan yang dapat aku catat:
A. Jika sedang berada di belakang mobil lain dan dia memberikan tanda berupa:
B. Jika akan berpapasan dengan mobil lain, kemudian dia member tanda:
C. Lain-lain
Jika lebih senang bergumul dengan kendaraan berat (truck, tronton, longvehicle, dsb) dibandingkan bergumul dengan sepeda motor, becak, angkot, dokar, penyeberang jalan, kambing, etc, sebaiknya merencanakan berjalan di malam hari.
Aku tipe sopir yang grogi menghadapi sepeda motor, entah itu mendahului atau berpapasan, kuatir mereka belok atau pindah jalur secara mendadak *trauma*. Kendaraan berat biasanya ramai di atas jam 10 malam, terutama di jalur pantura. Mereka berat, tapi teratur dan lebih disiplin. Lebih mudah disalipnya. Sekali salip (mendahului) bisa langsung 10 truck. Wuzz Wuzz.
Biasanya dinyalakan oleh kendaraan berat dengan muatan berat dan berjalan dengan berat (maksa biar berima, harusnya sih 'berjalan dengan pelan').
Kendaraan jenis ini bisa dikatakan bonus, karena mudah disalip, dan kalau berpapasan mudah dihindari. Gerakannya predictable (karena lambat). Tapi lampu kuning berkedip itu bukannya tanpa maksud. Dia paling malas ngerem.
Sementara itu dulu, masih banyak pelajaran lain jika bercita-cita menjadi sopir teladan.
SELAMAT DATANG.... RENCANANYA BLOG INI AKAN KUGUNAKAN SEBAGAI TEMPAT UNTUK MENYIMPAN APAPUN YANG TELAH KUPELAJARI. SEBAGAI TEMPAT UNTUK MENCATAT ILMU PENGETAHUAN YANG TELAH KUPEROLEH. KARENA ITULAH MUNGKIN YANG KUPOSTING NANTI PERNAH DIMUAT SEBELUMNYA DI SITUS/BLOG/BUKU/KORAN/MAJALAH/TABLOID, DLL. ATAU MUNGKIN YANG KUPOSTING NANTI ADALAH COPY PASTE DARI IDE ORANG LAIN. MOHON MAAF BILA ADA YANG TIDAK BERKENAN......
PERATURAN TIDAK TERTULIS DI JALAN RAYA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar