PHP POINT OF SALES

Kali ini saya akan membahas bagaimana membuat aplikasi Point Of Sale berbasis web yg akan kita porting ke web server yg sudah kita buat.

Pertama-tama kita siapkan dulu source code PHP point of sale dengan mengunduhnya di sini

kemudian ekstrak file hasil download tersebut ke direktori /home/user/public_directory atau direktori root /var/www terserah kepada pilihan ente. Tool ekstrak bisa menggunakan perintah tar di konsol atau tool GUI dengan mengklik kanan file hasil download kemudian ekstrak.

apabila konten web sudah bersemayam pada tempatnya, terlebih dahulu kita ubah hak dan kepemilikan masing-masing direktori dan file tersebut untuk alasan keamanan dan suksesnya installasi aplikasi web php point of sale. Lakukan beberapa langkah di bawah ini.

(contoh yg ana gunakan, web konten ana ekstrak ke direktori user /home/novalnd/public_html dimana nama direktori hasil ekstrak ana rename dengan nama invent, ente dapat menerapkan hal yg sama sesuai dengan selera ente masing-masing)

buka konsol/terminal ente, ketik


Code:
$ sudo find /home/novalnd/public_html/invent/ -type d -exec chmod 755 {} \;
kemudian

Code:
$ sudo find /home/novalnd/public_html/invent/ -type f -exec chmod 644 {} \;

kemudian, arahkan aktif direktori anda ke direktori /home/user/public_html dengan cara

Code:
novalnd@novalnd-desktop:~$ cd /home/novalnd/public_html

kemudian,

Code:
$ sudo chown -R www-data:www-data invent/

kemudian siapkan database untuk aplikasi webbase kita. Masih di konsol ketik

Code:
$ mysql -u root -p
enter password:

masukkan password root untuk database mysql anda kemudian buat satu database dengan mengetikkan

Code:
mysql> create database pointofsale;

langkah ini bisa anda lakukan dengan menggunakan tool phpmyadmin melalui web browser anda. Caranya buka web browser, ketik http://localhost/phpmyadmin masukkan user root dan passwordnya, pada kolom create new database, ketik nama database yg ingin kita buat seperti contoh di atas "pointofsale" kemudian tekan create.

sekarang waktunya kita mencek apakah aplikasi web base kita bisa di akses. Buka web browser ente, ketik http://localhost/~novalnd/invent atau path url yg sesuai dengan yg ente buat. Kalau muncul halaman konfirmasi php point of sale berarti aplikasi tersebut sukses terinstal, kemudian pilih bahasa yg digunakan, secara default pilihan bahasanya cuman inggris doang

kemudian ente akan diarahkan ke halaman info badan usaha/perorangan, tampilannya kurang lebih seperti ini :

[Image: configurasi.png]

isi form sesuai dengan keperluan ente, dan satu lagi user dan password bawaan php point of sale adalah

user : admin
pass : pointofsale

begitu login silahkan ganti user dan password admin, maksudnya biar ngak ada yg bisa masuk dan mengobok-obok inventori anda kelak. ada beberapa jenis user kasir atau fakturis, admin dan reporting, masing-masing bisa mengakses invent dalam waktu bersamaan (multi user) dan menjalankan invent sesuai dengan fungsi masing-masing.

untuk fungsi-fungsi lainnya silahkan ekplorasi sendiri, ada manajemen item (harga, unit, tax, dll) backup, customer, transaksi, reporting dan setting configurasi. Selain itu php poin of sale sudah mendukung manajemen item dengan Bar Code.

Php point of sale, aplikasi ini cocok untuk warung dan toko sederhana, koperasi sekolah, kantor dll sehingga administrasi penjualan bisa dipantau dengan mudah.

beberapa kekurangan aplikasi ini menurut ana adalah, beberapa fungsi inventori yg tidak ada seperti fitur retur barang, stock opname belum include. Bagi yg pinter coding php bisa menambahkan fitur ini via modul.

But, so far... menurut pengamatan ana, banyak warung dan toko sederhana tidak menjalakan pembukuan yg sistematis dan masih manual. Sehingga kurang efektif dari sisi waktu. Penentuan item-item yg fast moving sangat subjektif sehingga mempengaruhi pengambilan kebijakan dalam hal stock dan belanja item. kebanyakan dari mereka males mengimplementasikan TI di lingkungan usaha karena minimnya knowledge dan adanya anggapan implentasi TI cenderung mahal. Dengan aplikasi ini kekhawatiran tersebut sudah terjawab, sudah waktunya praktisi usaha dagang mulai mencoba pendekatan TI dalam usahanya. Selain minim budget aplikasi ini Gratis dan sangat bermanfaat... that's what Free Open Source Software use for

akhir kata, selamat mencoba...

2 komentar:

Sakti's Inside mengatakan...

link downloadnya sdh ga ada bisa minta link yg lain

Irfan GT mengatakan...

mana link nya?
kok gak bisa?

Posting Komentar