WEB PROXY

Dalam jaringan komputer, server proxy (sistem komputer atau program aplikasi) yang bertindak sebagai perantara untuk permintaan dari klien mencari sumber daya dari server lain. Seorang klien terhubung ke proxy server, meminta beberapa layanan, seperti file, sambungan, halaman web, atau sumber yang lain, yang tersedia dari server yang berbeda. Proxy Server mengevaluasi permintaan sesuai dengan aturan penyaringan.

Sebagai contoh, mungkin filter lalu lintas menurut alamat IP atau protokol. Jika permintaan tersebut divalidasi oleh penyaring, proxy menyediakan sumber daya dengan menghubungkan ke server dan relevan yang meminta layanan atas nama klien. Sebuah server proxy opsional dapat mengubah permintaan klien atau respon server, dan kadang-kadang dapat melayani permintaan tanpa perlu menghubungi server yang ditentukan. Dalam hal ini, ‘cache’ tanggapan dari server jauh, dan selanjutnya kembali permintaan untuk konten yang sama secara langsung.
Sebuah proxy server memiliki banyak potensi tujuan, termasuk:

  • Untuk menjaga mesin dari gangguan orang (terutama untuk keamanan)
  • Untuk mempercepat akses ke sumber daya (menggunakan cache). Web proxy biasanya digunakan untuk cache halaman web dari web server
  • Untuk menerapkan kebijakan akses ke layanan jaringan atau konten, misalnya untuk memblokir situs yang tidak diinginkan.
  • Untuk log / audit penggunaan, yaitu karyawan perusahaan untuk memberikan laporan penggunaan internet.
  • Untuk bypass keamanan / parental kontrol.
  • Untuk memindai konten ditularkan malware sebelum pengiriman.
  • Untuk memindai konten outbound, misalnya, perlindungan kebocoran data.
  • Untuk menghindari pembatasan regional.
Sebuah proxy server yang melewati permintaan dan balasan yang belum diubah biasanya disebut gateway atau kadang-kadang tunneling proxy. Sebuah proxy server dapat ditempatkan pada pengguna komputer lokal atau pada berbagai titik antara pengguna dan server tujuan di Internet. Sebuah reverse proxy adalah (biasanya) Internet-menghadap proxy digunakan sebagai front-end untuk mengontrol dan melindungi akses ke server di jaringan pribadi, umumnya juga melakukan tugas-tugas seperti load-balancing, otentikasi, dekripsi atau caching.
Type dan Fungsi Proxy Server
Proxy Server memiliki satu atau lebih fungsi-fungsi sebagai berikut:
Caching proxy server
Sebuah caching proxy server dalam permintaan layanan mempercepat dengan mengambil konten disimpan dari permintaan sebelumnya yang dibuat oleh klien yang sama atau bahkan klien lain. Caching proxy menyimpan salinan setempat sesuai dengan sumber daya yang diminta, yang memungkinkan organisasi besar untuk secara signifikan mengurangi penggunaan bandwidth dan biaya, sementara meningkatkan secara signifikan kinerja jaringan komputer. Sebagian besar ISP dan perusahaan besar memiliki caching proxy. Mesin ini dibuat untuk memberikan kinerja sistem berkas yang luar biasa (sering dengan RAID dan journal) dan juga mengandung hot-rodded versi TCP. Caching proxy adalah jenis pertama dari proxy server.
Beberapa keburukan-caching proxy yang memiliki kelemahan (misalnya, ketidakmampuan untuk menggunakan otentikasi pengguna). Beberapa masalah yang dijelaskan dalam RFC 3143 (Ditemukan masalah HTTP Proxy / Caching).
Kepentingan lainnya dalam penggunaan proxy server adalah untuk mengurangi biaya hardware. Sebuah organisasi mungkin memiliki banyak sistem di jaringan yang sama atau di bawah kendali server tunggal, melarang kemungkinan seorang individu mengkoneksi ke Internet untuk setiap sistem. Dalam kasus seperti itu, sistem individu dapat dihubungkan ke salah satu server proxy, dan server proxy yang terhubung ke server utama.
Web proxy
http://www.bablotech.com/wp-content/uploads/2009/01/web-proxy.gif
Sebuah proxy yang berfokus pada lalu lintas World Wide Web disebut ‘web proxy’. Yang paling sering menggunakan web proxy adalah untuk melayani sebagai web cache. Sebagian besar program proxy menyediakan cara untuk menolak akses ke URL yang ditetapkan dalam daftar hitam, sehingga memberikan penyaringan konten. Hal ini sering digunakan dalam perusahaan, pendidikan atau lingkungan perpustakaan, dan tempat lain di mana penyaringan konten yang diinginkan. Beberapa web proxy memformat ulang halaman web untuk tujuan tertentu atau khalayak, seperti untuk ponsel dan PDA.
AOL dialup pelanggan digunakan untuk memilih permintaan mereka dialihkan melalui proxy yang extensible ‘dipersempit’ atau mengurangi detail gambar dalam format JPEG. Ini mempercepat kinerja tetapi menimbulkan masalah, baik ketika resolusi yang dibutuhkan atau ketika program berkurang menghasilkan hasil yang salah. Inilah sebabnya mengapa pada masa awal dari web banyak halaman web berisi link mengatakan ‘AOL Users Klik’ untuk melewati web proxy dan untuk menghindari bug dalam perangkat lunak yang melemah.
Secara umum hal yang dapat dilakukan oleh proxy server antara lain:
1. Dapat membuat seolah-olah kita berinternet dari negara lain, isp lain, pokoknya ada kata lainnya. Istilah ini di kenal dengan ” Hide Ip “. Cara kerjanya begini:
IP komputer kita 168.192.1.17Kita berlangganan ISP di Citra NET yang berada di jogja dan URLnya citra.net.id
Maka yang akan terbaca nantinya adalah : 168.192.1.17.citra.net.id , Apabila kita menggunakan URL proxy dari negara lain misalnya IP proxynya 69.217.73.52 , IP ini di miliki oleh negara Amerika Serikat. Sehingga yang terbaca nantinya adalah 168.192.1.17.69.217.73.52. Hasilnya seakan-akan kita browsing dari Amerika padahal di jogja. Kalaupun menggungkan URL hasilnya adalah 168.192.1.17.ninjaproxy.com.
2. Mempercepat Koneksi Internet. Proxy server bertugas menyimpan halaman-halaman di internet yang telah di buka, yang nantinya kita sebut dengan istilah cache. Sehingga jiga ada request dari client dan halaman tersebut telah terchace, Proxy server akan langsung merespon halaman tersebut dan mengirimkannya kepada client seolah – olah ia adalah ip public. Alhasil Koneksi internet terasa cepat. Tetapi jika halaman belum pernah ter cache, maka mesti keluar dulu ke ip public website bersangkutan dan koneksi kembali terasa lama.
Dengan cara kerja yang seperti itu, proxy server dapat melakukan hal-hal seperti di bawah ini:
Menyembunyikan Client
Fitur keamanan utama proxy server adalah menyembunyikan client. Seperti Network Address Translation, proxy server dapat membuat seluruh jaringan internal muncul sebagai satu mesin dari Internet karena hanya satu mesin yang melewatkan request ke Internet.
Seperti Network Address Translatation, proxy server mencegah host eksternal untuk mengakses layanan pada mesin internal. Pada proxy server, tidak ada routing ke client karena domain alamat jaringan internal dan eksternal bisa saja tidak kompatibel dan karena transport layer routing tidak ada di antara kedua jaringan. Proxy melakukan fitur ini dengan memperbarui request, bukan mengganti dan menghitung ulang header alamat. Sebagai contoh, pada waktu client membuat request melalui proxy server, proxy server menerima request tersebut seolah-olah web server tujuan pada jaringan internal. Ia kemudian memperbarui request ke jaringan eksternal seolah web browser biasa. Pada waktu proxy menerima respon dari web server yang sebenarnya, ia memberikan respon tersebut kepada client internalnya. Hanya HTTP yang dilewatkan melalui proxy, bukan TCP atau IP. TCP/IP (dan protokol low-level lainnya) diperbarui oleh proxy; mereka tidak akan dilewatkan melalui proxy.
Aspek lain dari penyembunyian client adalah penyebaran koneksi; proxy server dapat digunakan untuk membagi satu koneksi Internet dan alamat IP ke seluruh jaringan. Oleh karena itu, proxy server seperti WinGate sangat populer di lingkungan rumahan dan kantor kecil di mana hanya ada satu koneksi dial-up atau dedicated yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar