IP LOCATOR : MELACAK PENGGUNA INTERNET

Lokasi pengguna Internet akan dapat kita ketahui dari IP address yang digunakan.  IP address tersebut memang demikian adanya, sehingga sangat memudahkan pihak berwenang untuk melacak apabila terjadi suatu pelanggaran oleh pengguna.  Dari IP address pengguna, dapat dengan mudah diketahui informasi lain seperti negara, kota, contact information (seperti alamat, telepon, email), IP address range dan lain sebagainya.

Guna memudahkan pelacakan tersebut pihak berwenang dapat menggunakan aplikasi khusus yang salah satunya yaitu tools IP Locator.  Aplikasi ini memakai database IP address location yang akurat sehingga dapat menentukan IP address dimanapun lokasinya dan apapun ISP yang digunakan.

Cara kerja aplikasi ini yaitu informasi IP address didapat dengan mengirimkan request ke server whois ARIN.  Apabila ARIN tidak mempunyai informasi yang diminta tentang IP address, maka IP Locator akan mengirimkan request ke server whois RIPE, APNIC, LACNIC, dan AfriNIC.


Untuk dapat menggunakan IP Locator ini diperlukan file instalasi IP Locator dan file database GeoLiteCityDB.  Instal IP Locator lalu ekstract ke folder yang sama dengan folder IP Locator.

Donlod IP Locator       Donlod GeoLiteCityDB

Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar