CATATAN SINGKAT TENTANG MARK ZUCKERBERG

Siapa yang tidak kenal dengan facebook..? Mungkin hampir setengah penduduk muka bumi ini telah mempunyai account facebook.  Situs jejaring sosial ini memang sangat fenomenal, tapi apakah anda sudah tau siapa dibalik kesuksesan situs facebook ???





Kalimat "You don't get to 500 millions friends without making a few enemies" menjadi tag dari film THE SOCIAL NETWORK (2010).  Film ini meceritakan bagaimana proses pendirian FACEBOOK oleh MARK ZUCKERBERG (orang dibalik kesuksesan situs tersebut), yang dibalik kesuksesannya harus menghadapi tuntutan hukum oleh teman-temannya sendiri.



Mark mengawali situs jejaring sosial ini dengan membuat situs FACEMASH yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk menilai dan membandingkan kecantikan mahasiswi di Universitas Harvard, tempatnya kuliah.  Dalam 1 jam peluncurannya, situs Facemash berhasil menarik 450 pengunjung dengan 22.000 photo-views.  Fakta bahwa kebutuhan situs jejaring sosial (dimana pengguna tertarik karena di situs tersebut ada orang2 yang dikenalnya) banyak mempengaruhi Mark untuk melanjutkan situs Facemash dalam bentuk yang "lebih santun".

Awal tahun 2004, Mark Zuckerberg secara mandiri mulai menulis kode yang menjadi cikal bakal situs FACEBOOK.COM.  Sebulan kemudian, pada bulan Februari 2004 situs THEFACEBOOK.COM diluncurkan, yang ternyata mendapat reaksi keras dari koleganya yang menuduh Mark mencuri ide situs jejaring sosial.  Dibalik tuntutan para koleganya, situs Thefacebook.com menjadi semakin populer tidak hanya di kalangan mahasiswa Harvard, namun juga sampai di Universitas Standford, Universitas Columbia, dan Universitas Yale.





Pada tahun 2005, kata "the" di depan nama "thefacebook.com" di hapus dan menjadi Facebook.com.  Dengan semakin bertambahnya user Facebook.com, Mark Zuckerberg mulai menambah berbagai fitur di situs tersebut.  Tahun 2006, fitur Facebook Notes diperkenalkan yang memungkinkan user untuk men-tag user lain dan men-share foto pada note.  Tahun 2007, fitur Market Place untuk memudahkan user dalam beriklan di facebook diluncurkan.  Fitur2 wall, poke, photos, dan status semakin diperbaiki dengan memberikan privacy setting.  Tahun 2008, tampilan facebook dirombak secara signifikan sehingga tampak lebih rapi.



Saat ini Facebook.com telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna diseluruh dunia dan tentu saja masih akan terus bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar