SEDIKIT MERENUNG : KEINGINAN SESEORANG UNTUK BERUBAH

Ketika aku masih muda dan bebas berhayal, aku bermimpi untuk mengubah dunia.  Seiring bertambahnya usia dan kearifanku kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah.  Maka cita-cita itupun agak kupersempit.  Lalu kuputuskan, hanya mengubah negeriku.  Namun tampaknya hasrat itupun tiada hasil.


Ketika usiaku telah semakin senja dan dengan semangatku yang masih tersisa, kuputuskan untuk mengubah keluargaku.  Orang-orang yang paling dekat denganku.  Tetapi celakanya merekapun tidak mau diubah.  Dan kini..... Sementara aku terbaring saat ajal menjelang, Tiba-tiba kusadari :

"Andaikan yang pertama kuubah adalah diriku, maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan, mungkin aku bisa mengubah keluargaku.  Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka, bisa jadi akupun mampu memperbaiki negeriku.  Kemudian siapa tahu, Aku bahkan bisa mengubah dunia...."

(Puisi di sebuah makam di Wesminster Inggris, 1100 M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar