NOTEBOOK : MASALAH DAN SOLUSINYA

Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi pada notebook serta solusinya yang saya rangkum dari berbagai sumber.

                                                  

1. LCD White Screen, Gambar goyang, Gambar kedip waktu buka/tutup
solusi:
Cek kabel Lcd.
Lepas kabel dibelakang lcd dan yang terhubung dengan Mainboard, bersihkan, pasang lagi. Kabel dibelakang lcd di tambah isolasi.
2. Waktu dinyalakan Lampu di Mainboard nyala terus mati lagi.
solusi:
Bongkar Mainbord, lepas Processor, bersihkan dan pasang lagi. Jika masih sama berarti kerusakan pada Mainboard.
3. Waktu dinyalakan lampu mainboard nyala, tapi tidak ada tampilan.
solusi:
Bersihkan memori RAM. Jika masih sama berarti kerusakan pada Mainboard.
4. Notebook tidak mau nyala, waktu dipasang adaptor lampu indikator kedip-kedip.
solusi:
Mainboard.
5. Lcd kadang nyala kadang mati.
solusi:
Periksa kabel atau inverter.
6. DVD RW/Combo tidak mau detect.
solusi:
lepas DVD RW/Combo, bersihkan socket.

Berikut ini kumpulan pertanyaan dan jawaban seputar notebook :

1. Battrei cepat habis. (bgm ngcek battrei / adapternya?)
: program lambat bgt (Ram kurang / ada virusnya?)
Ada solusi yang lain??

- Untuk battrei yg cepat habis, bisa karena faktor Usia dari battrei itu sendiri. Misal karena seringnya laptop di charge, karena semakin sering battrei di charge maka usia battrei juga berkurang. Jika ketahanan battrei msh sktr 1 jam atau lbh dlm pemakaian normal, mk biasanya battrei msh dianggap normal.
- Untuk program yg lambat bisa karena RAM atau Virus, Bisa juga karena space/sisa harddisk tinggal sedikit. Coba dlu di scan pake anti virus.. bru kt prediksikan RAM kurang atau spacenya..
2. Notebook saya Toshiba portage A100, saya mengalami ganguan pada layar LCD, pada layar LCD terdapat warna agak gelap melintang horisontal dari atas kebawah tapi tidak semua, cuma lebar 5 cm ditengah LCD. Bisa tolong dianalisa karena apakah ini?. Apakah LCD rusak, atau perlu diganti? Jika diganti, apakah ada yang second? karena kalau yang baru pasti mahal dan tidak ekonomis lagi sementara notebook yang baru harganya lebih murah.
“warna agak gelap melintang horisontal dari atas kebawah tapi tidak semua, cuma lebar 5 cm ditengah LCD”. Ini dinamakan Dot Pixel / Death Pixel, jika dibiarkan biasanya akan melebar. Namun ini juga tdk bisa diperbaiki, jadi sebaiknya di ganti saja jika anda benar2 merasa terganggu dengan dot pixel tsb. Coba anda cari LCD 2nd di toko/tempat service komp. Tapi biasanya jarang yang mempunyai lcd 2nd.
3. 1 bulan yang lalu saya beli acer aspire 4530 n dua hari yang lalu ampe sekarang tiba – tiba ngeluarin suara krik – krik gt…terutama kl lampu processornya lagi sibuk…
mohon bantuanya…notebook saya pake win XP SP2 n memory RAM 512 mb disharing jd 446 mb…n belum di upgrade…
Untuk gejala yang seperti itu, Biasanya yang bermasalah adalah Harddisknya, sebelum terjadi sesuatu yang tidak di inginkan mendingan coba di bawa ke SERVICE CENTERnya untuk memastikan apa yang bermasalah.
4. Laptop saya cepat sekali habis baterainya, kemudian kalau di charge lambat sekali baru terisi. Bagaimana solusinya? Mohon bantuannya. Terima kasih
Untuk Notebook yang baru, seharusnya battrai di charge dahulu sampai 6 jam agar semua sel didalam battrai terisi penuh. Coba dulu notebook anda di charge dahulu sktr 6 jam. Jika masih tetep, kemungkinan battrai notebook anda drop. Jika masih garansi lebih baik digaransikan dahulu atau ditukar ke toko tempat membeli.
5. Laptop saya blank,. tidak ada pencahayaan sama sekali SO berjalan normal cuma lcd gelap,. katanya backlight nya rusak,. bagaimana cara mengganti/memperbaikinya,.
Kerusakan spt itu yang plg sering adalah karena inverter atau mungkin kata anda backlight. Inverter letaknya berada dibawah lcd. Untuk memperbaiki kemungkinan sangat kecil karena part pengganti yang susah nyarinya. Jadi lebih baik kita beli saja inverternya. Jika anda menggantinya sendiri harus hati2, karena LCD adalah part yang sangat sensitive, selain itu harganya yang hampir 1/2 harga laptop itu sendiri.
Namun bisa juga karena kabel atau socket yang kendor/krg pas posisinya.
6. Laptop saya Acer 4720z,baru” ini kadang” ni laptop flicker/kedip”(kadang” pas flicker ada garis” vertikal gitu),gimana solusinya mas…
Mohon pencerahan-nya…
tengkyu..

sebenarnya itu cuma masalah di kabel LCDnya. coba buka tutp panel didepan LCD, sebelumnya buka dulu baut yang ada dibawah notebook (didalam battray 5 + 3 baut di luar). Kemudian coba perbaiki lepas kabel dari socket yang ada di Main Board, kemudian bersihkan dengan tinner atau lainnya. Setelah itu pasang lagi kabelnya.
Nb: Jika masih garansi jangan di bersihkan dengan tinner cukup di lepas kabelnya agak di goncang sedikit kmd pasang lagi, karena takutnya nanti jika suatu saat di garansikan akan di tolak karena ketahuan bahwa notebook tersebut sudah pernah di bongkar. (bukan oleh teknisinya acer)
7. Saya punya notebook HP Compaq nx6325, tanpa ada sebab apa2 gak bisa nyala. Sudh coba pake baterai saja maupun adaptor saja tidak nyala. Awalnya masih ada lampu kuning kedip. Tapi dicoba lama2 malah mati total. Apa solusinya ya?
Biasanya sih kena Mainboardnya… Untuk mengganti per-komponen belum pernah coba (ga punya alatnya).. Jadi coba aja bawa ke service centernya saja..
8. bro laptop saya habis jatuh trus monitornya ga keluar cahayanya
tapi gambarnya tmpak cuma cahaya aja yg ga keluar aku pake compaq prsario trus aku bawa ke hp service center suruh ganti LCDnya karena mereka ga boleh solder solderan gt sih gimana
apa mungkin kalo di benrin diluar service centernya cahayanya bisa hidup thanks
Yap… Memang nggak setiap service center diperbolehkan membongkar part, seperti menyolder tadi juga nggak semua service center diperbolehkan. Kemungkinan itu karena inverter atau kabelnya. coba saja di cek ke tempat service mungkin mereka nbisa mengatasinya…
9. Mas, mau nanya. Laptop sy kalo dinyalakan tidak ada tampilannya. Power tetap bisa on, tp lampu indikator harddisk dak nyala (harddisk tdk jalan). Tampilan di layar blank/hitam. Kira2 masalahnya di mana y?
Coba slot/socket memori RAM di bersihkan dulu atau ganti dengan memori lain. Kalau masih sama coba slot/socket processor dibersihkan. Langkah terahir jika masih sama saja berarti kerusakan ada pada Mainboardnya. Karena kebanyakan laptop jika nggak bisa booting rusak pada Mainboardnya.
10. numpang nanya broOO..aq punya laptop trus aq pinjamkan ama taman aq tapi pas aq pake aq nyalakan laptop langsung minta padsword HDD dan klo saya ctrl+ALT Delte minta password bios ..gimana dong cara mengatasinya dan sekalian cara melakukan hal tersebut, biar nambah ilmu gitu brooooo
Untuk password HDD susah untuk jebolnya, karena walaupun di pasang/diinstall di tempat lain dia juga minta password. Coba tanya ma temen yg make passwordnya apa…. Karena software yg saya punya HDD_PW.EXE
11. as, tolong saya. Saya fuadi. Saya pny masalah dgn laptop saya, laptop saya layarnya blank dan dsertai bunyi beep 3x wkt saya hdpkan. Lampu indikator power, hdd, dan batre idup tp tetap layar blank dan bunyi beep 3x. Saya udah coba to buka memory dan pasang lg tp blum jg bs hdp. Kata tkg service itu mainboardnya kena. Tp ga djelaskan apa masalahnya.
Laptop saya HP Pavilion dv2000, seri dv2028tx. Mohon petunjuk..
Untuk bunyi beep 3x kemungkinan besar karena keyboard ( error ). Mungkin ada tombol yang nggak fungsi atau mati. Coba di lepas keyboardnya dulu, kemudian dinyalakan. Jika nggak bunyi berarti keyboard yang rusak. Untuk blank bisa juga karena berhubungan dengan keyboard tadi atau karena LCD, inverter atau juga karena kabel LCD saja. Saran: Jika masih status GARANSI sebaiknya di bawa ke Service Center-nya.
12. saya beli acer aspire 4530 satu bulan yang lalu.awalnya normal2 aja sampai kemaren dan tiba2 speaker sebelah kiri gk mau bersuara,sudah dicheck di contol panelnya saya seting di driver soundnya juga tapi nihil.solusinya gimana ya friend?thanks.
Kemungkinan besar spekernya yang mati sebelah…
13. aku punya laptop acer lampu cd nya mati.
sistem jalan baik.di lcd keliatan pa yang di tampilin. tapi kurang jelas, jadi klo mo di liat di bantu pake penerangan lampu belajar.
mohon bantuanya. klo ada sekalian berapa biayanya
Untuk ACER kemungkinan/biasanya rusak di Inverternya harganya kurang tahu, mungkin berkisar +- 250 rb
14. Saya punya Axioo neon type TVRxxx (lupa) baru 1 bulan dipake sering mati sendiri (layar hitam) tapi power tetep nyala. Sekarang muncul garis vertikal warna hijau muda kira2 1 mili. dan kadang2 kalau ga mati sering crash explorernya. Kalau boleh tahu axioo saya kenapa ya (masih garansi sih).. Kalau boleh mohon dengan sangat jawabannya bisa diemail aja…
makasih…..
Untuk sering mati sendiri ada beberapa kemungkinan
1. Bisa karena virus 2. Over heating 3. Mainboardnya yg trouble
Untuk garis vertikal itu dinamakan dot pixel. Jadi harus diganti LCDnya.
Untuk crash explorernya kemungkinan sistemnya yg error.
15.  Saya punya acer aspire 4520. Waktu saya hidupkan layarnya menjadi abu-abu keputihan dengan sebentuk kotak hitam di tengah layar. Kondisi ini bisa berlangsung lama. Tapi setelah sekian lama dihidupkan, kadang-kadang layarnya bisa menjadi normal kembali. Kalau saya hubungkan ke layar VGA biasa, laptopnya berjalan dengan normal. Mohon bantuannya ya.. kira-kira salahnya dimana. Makasih ya.. sebelumnya.
Coba dibersihkan socket LCDnya.

(credit : adipedia dot com dan mamas86 dot info)

                                                                    

Sekian dulu broo tipsnya, semoga bermanfaat..

17 komentar:

Abas Djumadi mengatakan...

mas mo nanya, kalu mengatasi masalah laptop acer aspire one 722 yang tidak mau hidup sama skli gmn ????
ketika di tekan power tidak ada perubahan sama skli, lampu indikatornya tidak nyala

R ANDY DWI SAPOETRA mengatakan...

MAS, saya punya NoteBook ACER ASPIRE D257 series.
4 bulan lalu saya beli, tapi kemarin sore tidak bisa menyala sama sekali.
Tolong bantuan nya, trimakasih.

M3! RI4N mengatakan...

@bro abas : sudah coba copot baterai? jadi nyalakan pake kabel adaptor langsung. kalo tetep gak bisa dugaan gw bisa juga prosesor yg panas tapi kbnyakan biasa aja klu prosesor panas , gak lnsung mati, atau gak motherboardnya.

M3! RI4N mengatakan...

@byby : waduh, bingung jg sy. datanya kurang lengkap.

bisa jd baterainya habis. sementara ini coba langsung pakai adaptornya.

lala mengatakan...

bro, charger ane setiap kali dicolok ke listrik mengeluarkan bunyi krik krik... klo udah bunyi krik krik gtu, terus chaeger nya gak mau ngecas deh. ada solusi gak mas bro? thx yak

M3! RI4N mengatakan...

hhhmmmm.. solusi yg klise : dah coba di cas pake charger laen??

ambank mengatakan...

mas sy px anotebook tipe AspireOne awalnya layarnya kedip-kedip,truz klw muter film tampilanya jga kedip-kedip,sya udh instal krena sya kra mungkin kena virus,setelah sya instal sekarang klw di on malah ad suara nying....yg nyaring sekali,sebenarnya mslahnya apa ya mas..n solusinya donk mas...
tq

M3! RI4N mengatakan...

hhhmmmm.. soal layar, coba colokkan monitor ke netbooknya. kalo gak masalah berarti lcd netbooknya yg trouble. soal bunyi nying, bs jd dr puteran hardisk.

viadrinks mengatakan...

mas bro....
aku punya notebook acer aspireone..
pas masuk ke windows..keluar keterangan Instalasi failed... tuh gimana ngatasinya...
mau aku instal ulang pake flash disk tapi gak bisa-bisa.. solusinya gimana mas bro...
aku sampi pusing ngurusi notebook yang 1 nih mas....

Unknown mengatakan...

w jg puny laptop acer 4520 yg gk bisa nyla udh sya cba bkar cipset vga.a tpi ttp ajh gk mw nyla mhon solusi.a dong gan

Unknown mengatakan...

minta bantuannya,
klo aspire one 722 dengan permasalahan check cable connection, no bootable device,layar hitam.
saya instal ulang pun ga bisa, permasalahannya apa tu gan? klo feeling saya sih HDD ga detek? solusinya bagaimana tu gan? terima kasih.

Unknown mengatakan...

kenapa asus 1025c saya kalu main game ada garis garis hitam dan berkedip kedip

Unknown mengatakan...

mas bisa bantu saya gak...
laptop saya minta password tuuu..
gak tw passwordnya apa.......

Unknown mengatakan...

permisi gan,ane mau nanya dikit nih,ane punya HDD terpassword(HDP) gan,gimn cara bukanya gan,padahal saya dah pake hiren's cd,tapi tetep aja kagak jadi gan,n skrang ane punya HDD_PW.EXE,tapi kagak tau pemakaiannya,mohon caranya gan...trim's

Unknown mengatakan...

Mas laptopku acer aspire one paertamax baik baik aja tapi lama lama sementara di pake ko kaya terpencet pencet trus lampu yg ada gambar bukunya kedap kedip truz..mohon bantuan brow
Blazz

Unknown mengatakan...

Mas laptopku acer aspire one paertamax baik baik aja tapi lama lama sementara di pake ko kaya terpencet pencet trus lampu yg ada gambar bukunya kedap kedip truz..mohon bantuan brow
Blazz

lidia wati mengatakan...

mas saya punya notebook acer D257
tapi pas dihidupkan muncul
this product is covered by one or more of the following patents : us5,307,459
us5,434, 872
us5,732,094
us6, 570,884
us6, 115,776
and us6 327,625
realtek PCIE FF family controller series :VI.24(10-07-10) PXE-E61
media test failure check cable PXE-MOF exiting PXE ROM
a disk read error occured
apa yang salah dan gimana solusinya?

Posting Komentar