MEMPARTISI FLASHDISK

Flashdisk merupakan perangkat portable yang tidak asing bagi kita. Selain sebagai alat penyimpanan flashdisk juga bisa digunakan untuk bertukar file dan sayangnya bisa juga digunakan untuk bertukar virus hehehehe.. Sama seperti harddisk, flashdisk juga bisa di partisi. Mau tau caranya..???

PERINGATAN !!!! SEBELUMNYA BACKUP DULU SEMUA DATA YANG ADA DI FLASHDISK KARENA ADA KEMUNGKINAN PROSES INI TIDAK BERHASIL UNTUK BEBERAPA MERK TERTENTU

LANGKAH2 MEMPARTISI FLASHDISK :


a. Merubah removable media ke fixed disk agar dapat dipartisi.

- Download software Lexar Tools disini (passwd : syahmei.blogspot.com), Trus ekstak atau langsung jalankan
- Tancapkan Flashdisk dan jalankan Lexar Tools yang sudah didownload tadi
- Pilih drive flashdisk anda kemudian Pilih opsi Flip Removable Bit
- Kemudian cabut flashdisk dari komputer dan kemudian tancapkan lagi. Sekarang flashdisk terdeteksi Windows sebagai fixed disk (bukan removable disk). Anda dapat mengeceknya dengan klik kanan pada flashdisk dan klik Properties.

b. Mempartisi di Flashdisk

- Klik  Start menu, pilih Run dan ketik diskmgmt.msc kemudian tekan Enter.
- Akan muncul jendela Disk Management, klik kanan pada flashdisk anda mis USB(H:) dan klik Delete Partition.
- Klik kanan flashdisk anda lagi dan pilih New Partition
- Muncul New Partition Wizard, Buat “Primary Partition” dan pastikan isian pada Partition Size harus lebih kecil dari pada kapasitas flashdisk karena sisanya untuk membuat partisi ke dua. klik Next
- Pada Wizard berikutnya, berikan lokasi usb anda (nama) yang nantinya akan terbaca di Windows anda Mis: E,F,G,H dan selanjutnya format partisi menjadi FAT32.
- Setelah partisi pertama selesai dibuat, anda bisa membuat partisi yang kedua dengan mengulangi cara no 3 sampai 5 pada kapasitas flashdisk yang masih tersisa.
- Selesai semua proses partisi di flashdisk, tes klik My Computer apakah Windows telah mendeteksi partisi di flashdisk sebagai disk yang terpisah layaknya harddisk di komputer jika iya berarti anda telah berhasil

c. Mengembalikan partisi flashdisk seperti semula

- Klik kanan pada Bootlt.exe, pilih Run As > Administrator. mungkin minta konfirmasi dan anda perlu menyediakan password Administrator.
- Pilih drive flashdisk anda lagi. kemudian klik tombol Flip Removable Bit.
- Cabut flashdisk dan tancapkan kembali.
- Sekarang Flashdisk Anda akan kembali menjadi Removable Disk.

Selamat mencoba, semoga berhasil...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar