TIPS PINTAR MEMILIH PRINTER

Masih bingung memilih printer buat di kantor atau untuk di rumah..?? Berikut ini sedikit tips tentang memilih printer.


Dalam dunia penerbitan atau desainer, selain harus menggunakan komputer berkecepatan tinggi, aspek penting lain yang tidak kalah pentingnya adalah printer. Dua hal tersebut merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dalam memilih sebuah printer jenis Dot Matrix, Laser atau pun InkJet, aspek kecepatan dan kualitas cetak menjadi petimbangan utama di samping merek dan harga.

Selain hal tersebut,  kompatibilitas, garansi, layanan dan purnajual pun tetap menjadi pertimbangan yang tidak bisa dikesampingkan. Pertimbangan yang disebutkan terakhir akan terasa ketika berhadapan dengan masalah dan mahalnya biaya perawatan.

Di pasaran saat ini beredar berbagai jenis dan merek printer. Secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu Dot Matrix, InkJet, dan LaserJet. Kini memang sangat sulit untuk memilih printer idaman. Selain harganya mahal, biaya perawatannya juga tidak menentu. Pertimbangan ini tidak hanya didasarkan kecepatan dan kualitas cetak, masalah harga dan biaya perawatan pun menjadi pemikiran.
Memang ada jenis dan merek printer tertentu yang harganya hampir sama dengan satu tube toner untuk printer Laser, tetapi umur printer seperti itu umumnya tidak akan lama. Jadi dalam hal memilih printer, kita harus memperhitungkan beberapa hal, antara lain biaya perawatan, kualitas dan tentu saja kecepatan.

KUALITAS TINGGI

Pilihan yang tepat dan merupakan pertimbangan dalam memilih sebuah printer adalah dengan memperhatikan beberapa aspek penting seperti resolusi tinggi, kecepatan maksimal, kompatibilitas dan harganya terjangkau.

Sebenarnya untuk membedakan kualitas dan kecepatan cetak pada dasarnya tidak harus dilihat dari mahal tidaknya sebuah printer. Karena, adakalanya jenis printer Dot Matrix harganya jauh lebih mahal dari printer InkJet atau LaserJet.

Oleh karena itu, jika Anda akan memilih printer berkualitas tinggi yang menjadi pertimbangan adalah harga, kompatibilitas, kecepatan dan kualitas cetak. Jika kecepatan dan kualitasnya baik serta harganya terjangkau itulah yang harus dipilih. Tapi, jika kualitas cetak dan kecepatannya kurang baik serta biaya perawatannya mahal itu bukanlah solusi. Jika Anda pemakai atau pernah menggunakan printer jenis DeskJet dan sudah mengetahui keandalannya, itulah yang harus Anda pertimbangkan.
Umumnya printer DeskJet merupakan printer beresoluasi 600 dpi untuk tes hitam putih dengan kecepatan 12 hlm./menit ( page per minute/ppm) dan 10 ppm untuk jenis warna dan 2.400x1.200 dpi mode included untuk jenis kertas foto. Seperti diketahui, kualitas cetak printer ditentukan resolusi yang dihitung dengan satuan
dpi (dot per inci persegi). Semakin tinggi resolusi, semakin baik kualitas cetaknya.
Sedangkan mengenai kecepatan secara umum diukur dalam jumlah halaman per menit. Selain itu, penerapan teknologi Ret3 (Resolution Enhancement Technology) dan finetoner merupakan keharusan bagi sebuah printer Laser.

Dengan teknologi Ret yang menggunakan aturan algoritmik akan menginstruksikan printer untuk  menempatkan dot secara selektif, sehingga akan menghasilkan keluaran lebih halus dan tidak bergerigi. Beberapa vendor seperti HP menggunakan teknologi ini, begitu juga dengan vendor lain seperti IBM/Lexmerk juga menerapkan teknologi yang sama dengan nama PQET (Print Quality Enhancement Technologi).

Dalam menentukan harga sebuah printer umumnya diukur dengan kerapatan atau resolusi. Semakin tinggi resolusi sebuah printer akan semakin mahal harganya. Tetapi perlu diingat, semakin tinggi harga sebuah printer kualitasnya belum tentu lebih baik. Oleh karena itu, masalah tingginya harga printer bukan merupakan patokan untuk menentukan keandalan suatu printer.

DUKUNGAN "SOFTWARE"

Yang perlu diperhatikan dalam memilih suatu printer adalah kualitas cetak (resolusi), kompatibilitas dan  layanan serta garansi tetap harus diperhatikan. Sejak kali pertama printer LaserJet diperkenalkan perhatian sepenuhnya ditujukan pada pengembangan ketajaman dan resolusinya. Karena secara jujur kerapatan ini berperan sangat penting untuk menghasilkan output yang berkualitas. Pertimbangan utama pengembangan teknologi ini pada dasarnya adalah untuk menciptakan kualitas cetak yang benar-benar prima pada berbagai
jenis media.
Memori, resolusi atau kerapatan dan kecepatan berkaitan erat dengan kapasitas memori pada printer. Sebagian besar printer kategori low end yang menghasilkan resolusi antara 300-600 dpi dengan output antara 6-12 ppm membutuhkan memori antara 1 MB sampai dengan 2 MB. Sedangkan untuk kelas high end memori yang dibutuhkan berkisar antara 4 MB atau lebih.

Seperti umumnya printer kelas menengah, standar memorinya sekira 4 MB dan 4 Kb Buffer. Beberapa vendor khususnya yang memproduksi printer Laser sudah menerapkan teknologi peningkatan memori. Peningkatan memori akan akan meningkat pula kecepatan printer. Sebagai contoh sejak beberapa tahun lalu HP sudah menerapkan teknologi Met (Memory Enhancement Technology). Vendor lain seperti OKI juga menerapkan teknologi ini dengan nama MEM (Memory Enhanced Management).

Semakin tinggi memori sebuah printer akan semakin cepat dan semakin banyak halaman yang dihasilkan. Dukungan software dengan sistem operasi produk Microsoft seperti Windows 2000, Windows XP, Windows 20003, Windows Vista, Windows 7, Linux, System XX untuk Macintosh dan sebagainya. Para vendor yang menawarkan berbagai periferal juga mengacu ke situ.

Periferal seperti printer baik jenis Dot Matrix, InkJet, DeskJet maupun LaserJet hampir semuanya menyertakan driver untuk berbagai platform. Untuk mempertahankan agar driver tersebut tetap awet sebaiknya Anda menyimpan driver printer tersebut secara baik. Karena jika printer yang digunakan hilang
driver-nya dan sistem operasi yang digunakan tidak secara otomatis mengenali printer tersebut, Anda akan kesulitan pada saat akan menginstalasi printer tersebut, khususnya jika menggunakan sistem operasi Linux atau System XX untuk Macintosh.

MERAWAT "PRINTER"

Perawatan untuk menjaga stabilitas printer, penggunaan kertas yang sesuai dengan ukuran sangat diperlukan. Ukuran ini dapat diartikan dalam hal ketebalan yang diukur dengan gram ataupun panjang dan lebarnya. Jika printer yang digunakan maksimal menggunakan kertas Letter, A4 atau Folio untuk pencetakan dokumen, kita harus menggunakan ukuran yang sesuai dengan ketentuan.

Begitu juga ketebalan atau berat dan halusnya kertas harus diperhitungkan. Hal ini bertujuan agar printer awet dan tahan lama. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga stabilitas dan kontinuitas printer Laser adalah dalam hal pemakaian toner. Pemakaian toner isi ulang sangat membahayakan.

Toner isi ulang selain akan menghasilkan dokumen yang kotor juga bisa mengganggu komponen atau mainboard dari printer yang bersangkutan. Satu hal lagi adalah dalam hal pemasangan kabel paralel printer ke LPT1 atau LPT2 dan USB. Proses pemasangan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, namun jika terjadi kesalahan prosedur bisa berakibat fatal, terutama untuk printer tertentu yang sensornya sangat sensitif. Untuk itu jika akan memasang kabel printer ke paralel atau USB sebaiknya printer dalam keadaan off (tidak dinyalakan).
Setelah kabel terpasang, baru printer tersebut dinyalakan. Dengan mengikuti beberapa saran tersebut kemungkinan besar printer Anda akan awet dan tahan lama. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah pada saat memasang catridge. Usahakan printer dalam keadaan normal, artinya tidak sedang digunakan. Biasakan kepala printer secara otomatis berada di tengah-tengah atau dalam keadaan diam. Karena pada saat casing printer diangkat kepala printer akan lari ke tengah.

Jangan menariknya dengan paksa, karena jika dipaksa akan terjadi proses tarikmenarik antara Anda dan mesin. Hal tersebut harus dihindari untuk keselamatan printer.

Begitu juga pada saat pengisian tinta printer jenis LaserJet. Pasanglah toner dalam keadaan printer tidak operasi. Tujuannya tentu saja agar sensor dalam printer tidak terpengaruh gerakan tangan yang sedikit kasar.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar