3G

Sedikit tentang 3G. Kali ini saya akan coba sharing beberapa hal mengenai 3G. Secara sederhana 3G merupakan jaringan broadband untuk telepon selular. 3G menawarkan layanan suara, gambar statis dan bergerak, email, akses internet, dan lain-lain dalam satu perangkat genggam.


3G, sebutan ringkas untuk Third Generation merupakan istilah bersama untuk prosedur, standar, dan perangkat komunikasi baru yang meberikan peningkatan kecepatan dan kualitas layanan komunikasi bergerak. 3G hadir dalam bentuk perangkat genggam yang memadukan fungsionalitas handphone dengan Komputer dan PDA.

Perangkat 3G secara umum memiliki kemampuan transmisi yang besar, baik dalam kecepatan maupun kapasitas, dari pendahulunya. International Telecommunications Union (ITU) mendefinisikan 3G sebagai setiap pesawat yang dapat memancarkan dan menerima data pada kecepatan 144 Kbps atau diatasnya.  Pada kenyataannya, pesawat 3G mampu mengirimkan data hingga 384 Kbps dalam keadaan bergerak atau 2 Mbps dalam keadaan berdiri diam, yang berarti jauh lebih cepat daripada kebanyakan koneksi broadband rumahan.

Sebagai perbandingan, GSM mampu mengirimkan data hingga 14,4 Kbps, dan GPRS (general pocket radio service) berkisar pada 53,6 Kbps dengan kecepatan maksimum secara teoritis hingga 171,2 Kbps dengan menggunakan kedelapan timeslot-nya secara bersamaan. Sedangkan EDGE (enhanced data rates for global evolution) yang sering disebut-sebut sebagai generasi ke 2,5 dan 2,75 (2,5G dan 2,75G), juga dalam kondisi kedelapan timeslot-nya aktif, melaju hingga 473,6 Kbps.

Menurut ITU, terdapat beberapa standar interface radio yang tercakup dalam 3G, diantaranya adalah W-CDMA, CDMA2000, TD-CDMA/TD-SCDMA,UWC-136, dan DECT+. Sementara untuk di tanah air, paling tidak terdapat dua tipe 3G, yaitu W-CDMA yang digunakan oleh jaringan GSM dan CDMA2000 yang digunakan oleh jaringan CDMA.

Perbedaan 3G dan GSM

Pada GSM, kedua handphone yang sedang berbicara membuka satu hubungan gelombang radio yang permanen. Tidak ada perbedaan antara saat berbicara, mendengar, atau kedua partisipan komunikasi diam. Hubungan antara kedua handphone terbuka secara permanen.

3G memecah pembicaraan dalapm paket-paket kecil, kemudian menandainya dan mengirimkannya melalui gelombang radio. Metode transmisi data ini menghemat bandwidth karena tidak membutuhkan hubungan yang permanen antara kedua pesawat yang tengah berkomunikasi, sehingga memungkinkan data-data berukuran besar (gambar, suara, dan video) dapat terangkut dengan cepat.


Keunggulan 3G

Selain penggunaan bandwidth yang efisien, 3G menawarkan kebebasan, fleksibilitas, dan portabilitas dalam berkomunikasi.  Beberapa keunggulan nyata dari teknologi ini antara lain :

- Komunikasi kapan saja, dimana saja. Dengan 3G anda dapat melakukan dan menerima panggilan
   telepon dan fax, mengirim dan membaca email dengan attachment yang besar, kapan dan dimana saja
   anda berada.

- Akses internet berkecepatan tinggi. Anda dapat memanfaatkan 3G untuk mengakses internet
   dengan kecepatan yang tinggi untuk surfing di WWW, mengupload dan mendownload file berukuran
   besar, dan lain-lain.

- Video Conferencing. 3G memberikan kemudaan untuk melakukan video conferencing dengan
   endpoint langsung dari pesawat 3G anda.

- Informasi dalam genggaman. Banyak pesawat 3G menyediakan fitur navigasi, akses peta digital,
   dan dapat menerima siaran televisi digital langsung dari genggaman anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar