PERBAIKAN BEBERAPA KOMPONEN LAPTOP

Kini Laptop Komputer semakin banyak dipakai oleh para profesional dan semua pengguna komputer. Sebelumnya, sebuah komputer laptop yang digunakan oleh seorang profesional yang sedang bertugas. Tapi kini komputer laptop dengan cepat menjadi pilihan yang lebih disukai dari masing-masing pengguna komputer.

Alasan pilihan ini relatif sederhana. Sebuah laptop menempati ruang yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan komputer desktop. Laptop portabel karena mereka mudah dibawa-bawa, belum lagi kenyamanan penggunaan komputer laptop di mana semua aspek yang berbeda bersama-sama begitu mudah.
Mungkin karena kemudahan ini membuat laptop biasanya lebih mahal dibandingkan dengan desktop normal. Ini berarti, bahwa suku cadang juga sama mahalnya dan proses perbaikan juga relatif lebih rumit.
Perbaikan Komputer laptop Merupakan proses rumit yang membutuhkan bantuan layanan khusus dan Dukungan. Kebanyakan merek komputer laptop datang dengan garansi untuk suku cadang dan layanan serta Pemeliharaan yang terbatas. Idealnya, itu adalah hal terbaik untuk layanan Memanfaatkan garansi tersebut serta Pemeliharaan. Tetapi bagaimana bila masa garansinya telah habis.
Pertama-tama, mari kita pahami dasar bagian-bagian laptop yang sering terjadi masalah.
Sebuah laptop seperti sebuah buku catatan (mungkin mengapa mereka disebut sebagai ‘Notebook’) – ketika Anda membuka laptop, di satu sisi sebuah layar, dan di sisi lain adalah keyboard. Yang lain merupakan tombol dan soket yang membentuk komputer, terletak di bawah keyboard. Jadi, ketika Anda membuka sebuah komputer laptop untuk mulai bekerja, anda memiliki keyboard tepat di bawah jari-jari anda dan layar tepat di depan Anda, yang melekat pada tubuh komputer dengan sepasang engsel.
Sekarang mari kita lihat bagian dari laptop sering mengalami kerusakan dan membutuhkan layanan perbaikan.
1. Perbaikan Keyboard Laptop
Hal pertama, yang cukup umum, adalah keyboard. Keyboard laptop tidak boleh terkena cairan seperti air, teh, kopi, jus, bir atau anggur dll Jadi, ketika Anda menumpahkan cairan pada keyboard laptop Anda, Anda mendapatkan beberapa masalah. 9 kali dari 10 masalah sehingga Anda harus mengganti keyboard laptop.
Idealnya, dianjurkan untuk menjauhkan cangkir atau gelas yang berisi cairan dan cairan lainnya di dekat laptop Anda saat bekerja dengannya.

Namun, dalam kasus yang bila terjadi penumpahan cairan apa pun pada keyboard, hal terbaik untuk dilakukan adalah menonaktifkan laptop. Jangan mencoba membalikkan laptop dan mengguncang laptop agar cairan keluar. matikan Laptop Jika Anda harus memiringkan laptop, kemudian miringkan laptop ke arah sisi di mana terletak CD / DVD Player. menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan cairan tidak membantu – pengering rambut dapat melelehkan tombol keyboard karena panas.
Tergantung jumlah kerusakan yang ada, orang yang memperbaiki laptop Anda akan membebankan biaya untuk penggantian seluruh keyboard dan biaya perbaikan lainnya. Cara terbaik adalah membiarkan seorang ahli menangani hal ini.
Kebanyakan keyboard yang diikat oleh beberapa sekrup terhubung ke motherboard dengan konektor. menangani Konektor keyboard perlu sedikit hati-hati, bila anda ragu-ragu, jangan melakukannya sendiri, karena dapat menyebabkan masalah yang lebih besar pada motherboard,jika anda melepaskan hubungan keyboard secara sembarangan.
Jika beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, Anda mungkin juga harus mengganti seluruh keyboard. Karena seluruh keyboard merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisah, sehingga bila rusak satu maka penggantian keyboard secara keseluruhan.
2. Memperbaiki Layar Laptop
Hal lain yang menjadi masalah pada laptop adalah layar Monitor. Ada banyak komplikasi dengan masalah ini. Oleh karena itu sangat penting untuk tahu persis di mana letak masalahnya sehingga dapat mengurangi biaya perbaikan layar laptop.
Sebuah layar laptop perlu diperbaiki bila Anda tidak dapat melihat tampilan atau terlihat hanya gambar yang samar pada layar laptop anda.
Sebuah layar laptop tampil dengan cahaya dari belakang, adalah neon tabung, sekitar sepersepuluh dari ukuran lampu neon rumah Anda. Tabung ini melekat pada papan sirkuit kecil dengan sebuah kabel. Papan rangkaian mirip dengan ‘starter’ dari neon. Papan sirkuit ini disebut Inverter. Diatur memberikan kekuasaan kepada Backlight untuk menerangi layar.
Sewaktu waktu bila anda tidak melihat adanya tampilan sama sekali, atau gambar yang sangat samar pada layar anda, ada masalah dengan Backlight Inverter. Yang harus Anda lakukan adalah menggantinya dan masalahnya selesai. Kebanyakan tukang service  meminta Anda untuk mengganti seluruh layar display LCD, yang akan menguras dana anda. Beberapa bahkan meminta Anda untuk mengganti motherboard dengan alasan kartu video telah rusak.
Salah satu cara untuk mengetahui bahwa kartu video anda rusak atau tidak rusak adalah dengan menghubungkan Port VGA laptop ke monitor eksternal dan bila ada tampilan gambar pada monitor eksternal tersebut berarti kartu video anda tidak rusak.
3. Memperbaiki Baterai Laptop
Baterai laptop yang tidak dapat mengeluarkan daya atau tegangan listrik. Mungkin anda pernah mendengar iklan yang berjanji untuk untuk memperbaiki kembali/rekondisi baterai laptop Anda sehingga sehingga baterai anda normal kembali seperti semula. Sebelum anda melakukannya, periksa garansi laptop anda, karena bila anda membongkar baterai anda sebelum habis masa garansi, maka masa garansi tersebut tidak berlaku lagi. Juga, kemungkinan apa yang dijanjikan oleh iklan tersebut tidak benar. Tindakan Terbaik di sini adalah untuk mengganti baterai dengan yang baru. Kebanyakan baterai laptop sangat mudah mencabut dan menggantinya.
Sebelum anda melakukan Perbaikan
Idealnya, orang harus membiarkan para ahli melakukan pekerjaan mereka. Tetapi pekerjaan kecil dapat dilakukan di rumah, oleh Anda. Sebelum Anda mulai memperbaiki laptop Anda atau mengganti bagian dari semua laptop Anda sendiri, Anda harus memiliki beberapa alat. antara lain :
  • Obeng Phillips (tipe 0).
  • Obeng Phillips (Type1).
  • Elektronik Grounding Body untuk mencegah elektronik statik dari tubuh kita yang akan menyebabkan kerusakan pada komponen.
  • Tang Hidung Panjang (Tang Buaya).
  • Pincet atau penjepit.
Sebelum Anda menggunakan obeng khusus untuk membuka tutup bagian laptop Anda, lihat dengan hati-hati. Sekrup laptop memiliki nomor, yang akan memberitahu Anda jenis obeng untuk digunakan. Hindari tempat yang mungkin terjadi lucutan listrik statis karena hal ini dapat merusak semua upaya perbaikan laptop Anda. Jauhkan semua sekrup di satu tempat, membuat catatan ketika Anda memeriksa semua konektor dan koneksi sebelum Anda melanjutkan ke bagian lainnya. Dan yang paling penting, matikan laptop sebelum Anda mencoba perbaikan apapun.

Selamat mencoba.....

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Zapplerepair claim garansi Window Surface Pro 5 International
http://zapplerepair.com/cara-cek-performa-battery-Window-Surface-Book.html

AGRES mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar