CARA MENGENALI SI PENDUSTA

Ketika berbicara dengan seseorang, anda menatap bagian mana dari wajahnya? Ahli neurologi Calin Prodan dari University of Oklahoma menunjukkan gambar wajah yang menampakkan bahagia, sedih, marah, heran, takut, atau netral kepada 30 pria dan perempuan. Lalu meminta mereka untuk mengidentifikasi perasaan-perasaan dari gambar wajah tersebut. Untuk merumuskan jawaban mereka, kebanyakan orang yang ditanya fokus pada hidung, bibir, dan pipi, bagian wajah yang terbukti paling ampuh menutupi dusta atau kebohongan.


Menurut para periset, bagian wajah yang mengungkapkan kejujuran adalah mata, alis, dan dahi. Prodan menyarankan memandang matanya. Memberi perhatian lebih pada wajah bagian atas membantu kita untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang tidak.

Anda juga bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menemukan kebenaran dan kebenaran yang menyeluruh :


1. Perhatikan Konsistensi

Jika seseorang terus menerus menceritakan sesuatu dengan versi yang sama, berarti dia tidak berdusta. Jika ceritanya berubah-ubah,perhatikan detail yang berubah, detail yang ditambahkan, atau detail yang hilang. Cermati juga jawabannya. Jika seseorang terus memberi jawaban yang sama atas pertanyaan sama yang anda ajukan secara berulang, berarti dia berkata benar. Pendusta akan menceritakan banyak hal lain yang bukan merupakan jawaban langsung yang anda cari.

2. Perhatikan Bahasa Tubuhnya

Apakah dia panik? Apakah ia menghindari kontak mata? Apakah dia tampak gelisah? Apakah dia sering berhenti disela-sela kalimatnya? Jika ya, berarti dia menyembunyikan sesuatu dari anda.

3. Ajukan Pertanyaan Langsung Ketimbang Pertanyaan Yang Menjurus

Misalnya, daripada bertanya pada putri remaja anda atau praremaja anda, "Apakah tadi malam kamu main kerumah Nia sesudah les piano?", lebih baik tanyakan, "Tadi malam sepulang les piano kamu kemana?". Dengan cara ini, dia akan terpaksa menjelaskan seluruh cerita.

4. Percaya Pada Insting Anda

Terkadang suatu kebenaran memang agak aneh. Tapi, sering kali terjadi, yang terdengar aneh dan seperti dusta, ternyata memang dusta.


Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar