SVCHOST.EXE : VIRUS ATAU BUKAN ??

Ketika kita membuka Task Manager, di sana terdapat proses yang bernama svchost.exe, apa sebenarnya svchost.exe itu, mengapa bisa ada lebih dari satu svchost.exe yang berjalan dikomputer secara bersamaan, belum lagi mereka menggunakan banyak memory komputer sehingga membuat jalannya komputer menjadi lambat. Apakah mereka virus ?

Menurut penjelasan Microsoft, svchost.exe adalah sebuah proses generic yang digunakan untuk menjalankan service yang dijalankan dari dynamic link libraries. Atau penjelasan mudahnya yaitu setiap fungsi dari Windows itu di jalankan  melalui dll (Dynamic Link Libraries), tapi masalahnya yaitu dll tidak dapat berjalan tanpa menjalankan file exe. Nah dari situlah svchost.exe lahir untuk menjalankan file dll.

Mengapa bisa ada lebih dari satu svchost.exe yang berjalan di system ?

Karena mereka menjalankan berbagai fungsi Windows secara berbeda-beda misalnya svchost.exe yang satu menjalankan hal yang berhubungan dengan firewall, kemudian svchost.exe yang lain menjalankan hal yang berhubungan dengan interface dan sebagainya.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi svchost.exe yang berjalan ?

Anda dapat mengurangi atau menonaktifkan fungsi2 Windows yang tidak penting. Sebagai tambahan, jika ada salah satu svchost.exe yang menggunakan banyak memory maka anda bisa merestart fungsi yang berhubungan dengan svchost.exe tersebut

Untuk mengetahui proses yang sedang berjalan dikomputer, buka Task manager (Ctrl+Alt+Del) dan anda bisa melihat berapa banyak svchost.exe yang sedang berjalan dan mana yang banyak menggunakan banyak memory

 Mengecek dari Command Line (Untuk Vista dan XP)

Ketik perintah:
tasklist/svc

dan tekan Enter


Kekurangan dari menggunakan command line ini kita tidak tahu nama detail aplikasi yang berhubungan dengan svchost.exe.

Mengecek dengan Task manager di Windows Vista


Bagi anda yang menggunakan Windows Vista pada task manager, anda bisa melakukan klik kanan pada svchost.exe yang menurut anda berjalan tidak wajar kemudian pilih Go to service(s). Ia akan menampilkan proses yang berada di bawah svchost.exe tersebut.


Kemudian klik pada tab Services.


Anda bisa melihat nama sesungguhnya dari aplikasi yang sedang berjalan pada bagian Description, jadi dari situ anda bisa menghentikan aplikasi yang menurut anda tidak penting untuk dijalankan.

Menggunakan Process Explorer di Windows Vista dan XP


Anda dapat menggunakan program Process Explorer dari Microsoft/Sysinternals untuk melihat aplikasi apa yang sedang berjalan di bawah svchost.exe.



Arahkan mouse anda pada salah satu proses svchost.exe dan anda akan melihat tampilan pesan pop-up nya atau anda juga bisa mengklik ganda pada svchost.exe tersebut dan memilih tab Services dimana anda dapat memilih aplikasi yang ingin anda hentikan.


Menonaktifkan Service


Buka Service dari menu Administrative di Control Panel, atau ketik service.msc di kolom Run

Cari dan temukan service yang ingin anda disable saat Windows melakukan startup. Klik kanan dan pilih Properties.



Rubah tipe startup menjadi Disabled dan klik tombol Stop untuk segera menghentikan service tersebut.



Anda juga bisa menggunakan Command Prompt untuk mendisable service yang anda inginkan. Pada contoh ini "trkwks" adalah nama service yang dihentikan.

Note : terkadang ada virus yang menyamar menjadi svchost.exe dan menggunakan banyak memory sehingga komputer anda berjalan sangat lambat. Pastikan anda menscan system komputer anda dengan antivirus terbaik seperti AVG, Avira, atau BitDefender dengan database virus terbaru untuk meyakinkan bahwa tidak ada virus yang menyamar di komputer anda.
(source)


Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar