PESAN ERROR KOMPUTER TERBAIK SEPANJANG SEJARAH

Pesan Error Komputer Terbaik Sepanjang Sejarah

Tidak ada program komputer yang terlepas dari kesalahan pemrograman. Oleh karena itu, keberadaan pesan error hampir setua umur komputer itu sendiri. Pesan Error yang terjadi pada sebuah sistem komputer merupakan kesalahan pada manusia itu sendiri sebagai penciptanya. Pesan error pada sistem komputer bisanya mengarah pada sebuah makian ataupun penghinaan kepada si pengguna sistem komputer. Banyak juga pesan error yang terkesan misterius, tidak meminta maaf, tetapi malah menyediakan informasi tidak berguna seperti angka heksadesimal.

Berikut ini ada 13 pesan error pada sistem komputer yang berhasil dihimpun oleh Harry Mckracken. Pendapat semua orang memang berbeda, tetapi mari kita simak daftar pesan error Technologizer di bawah ini, mulai dari urutan terbawah:


13. Abort, Retry, Fail? (MS-DOS)
Pesan error Abort, Retry, Fail terjadi hanya pada Ms-Dos yang biasanya terjadi hanya karena lupa memasukkan Floppy Disk pada Drive atau bisa saja Hard Disk (HD) yang kita gunakan mati. Pesan Error ini terkesan singkat sekaligus membingungkan. Apa bedanya "abort" dan "fail"? Pesan ini memaksa Anda memilih salah satu, dan tidak satu pun yang tampaknya membantu.

12. Guru Meditation (Commodore Amiga)


Amiga merupakan salah satu komputer multi media canggih pada era 1980an. Tetapi, pesan error terseringnya sangatlah minimalis: teks berwarna merah berlatar belakang hitam, dihiasi dengan garis pinggir merah menyala. Seperti kebanyakan error, isinya terdapat angka heksadesimal yang 99,999999% tidak ada artinya.

11. The Red Screen of Death (Windows)
Benarkah pesan kematian milik Microsoft yang terkenal itu hadir dalam berbagai warna? Menurut Wikipedia, beberapa versi beta Longhorn yang akhirnya menjadi Windows Vista memiliki pesan error yang berlatar belakang merah dan bukannya biru seperti biasa. Sengaja atau tingkat errornya lebih parah dari yang diduga?

10. Power On Self-Test Beep (PCs)
Pesan error bukan hanya ditampilkan dalam bentuk kata-kata atau gambar, akan tetapi bagaimana bila pesan error tersebut tidak ditampilkan dengan kata-kata ataupun dalam bentuk gambar untuk memberitahu Anda tentang adanya masalah.? Coba masuk ke Power On Self-Test Beep, sebuah bentuk pemberitahuan error milik PC IBM orisinil. Bentuknya mirip dengan kode sandi.

9. FailWhale (Twitter)

Gambar ini seperti yang sering kita jumpai di taman kanak-kanak Dalam satu sisi memang terlihat lucu. Tetapi, pada kenyataannya sangat menyebalkan terutama bagi para penggemas jasa microblogging Twitter. Sering terjadi kalo server sedang mengalami Overload.

8. lp0 on fire (Unix)
Pesan error yang terjadi terdapat pada printer di karenakan kertas yang macet maupun tinta yang kosong atau habis. Lalu, bagaimana dengan lp0 on fire (Unix)? Masalah ini sering terjadi pada sistem Unix dengan printer berkecepatan tinggi dan dapat mengakibatkan suhu printer meningkat dan terbakar. Hal ini terjadi pada tahun 1970an.

7. Kernel Panic (Unix/Macintosh)

Biasanya Mac memiliki reputasi lebih stabil dari Windows. Tetapi, kadang-kadang error yang terjadi juga bisa parah sampai mengharuskan kita me-reboot mesin Mac. Situasi ini dikenal dengan nama Kernel Panic, muncul sebagai salah satu fitur dari Unix yang diadopsi oleh Mac pada tahun 2001-an. Sama parahnya dengan BSOD, tetapi jauh lebih modis.

6. Windows Must Restart Because the Remote Procedure Call (RPC) Service Terminated Unexpectedly (Windows)
Error hampir setingkat BSOD ini lebih bersifat misterius, informatif, dan lebih menyebalkan karena Anda jadi penasaran mempelajari lebih lanjut tentang penyebabnya. Pesan ini diketemukan pada bulan Agustus 2003 ketika komputer mereka tiba-tiba memberitahu kalau servis RPC telah mati dan akan memulai hitungan mundur untuk reboot yang tidak bisa dihindarkan.
Error ini belakangan diketahui sebagai akibat dari "Blaster Worm". Penciptanya, Jeffrey Lee Parson sudah tertangkap pada tanggal 29 Agustus 2003 dan dijebloskan ke penjara akibat karyanya tersebut.

5. Does Not Compute (Lost in Space, etc.)

Sangat lucu. Pesan error ini hanya terjadi pada dunia fiksi dan sering diungkapkan oleh sebuah robot atau cyborg di film seperti Lost in Space dan sitcom My Living Doll yang dimainka oleh Bob Cummings dan sebuah android yang diperankan oleh Julie Newmar yang mengeluarkan pesan error "That does not compute".

4. The Red Ring of Death (Xbox 360)

Sebuah pesan error yang disampaikan oleh konsol XBOX 360 berupa lingkaran sinar merah di sekitar tombol power. Hal ini memberitahukan kalau sistem mengalami kerusakan dan mengharuskan Anda mengirim konsol balik ke Microsoft untuk direparasi. Menurut berita, XBOX 360 sempat mengalami pukulan akibat sering munculnya error ini pada versi-versi awal konsol tersebut. Dikabarkan Microsoft mengalami kerugian sekitar US$1,15 milyar untuk memperbaiki Xbox yang bermasalah — menjadikan error ini salah satu error termahal sepanjang sejarah.
Satu-satunya kabar baiknya tentang error ini adalah Microsoft yang mengakui kesalahan ini dan menambahkan periode garansi untuk semua unit yang mengalami error ini.

3. Sad Mac (Macintosh)

Beberapa orang masih menganggap gambar yang satu ini lucu, walaupun sebenarnya sedang memberitahukan adanya kerusakan dan menghancurkan hasil pekerjaan Anda. Gambar bernama "Gravely III Mac Teetering on the Edge of Death" ini didesain oleh Susan Kare dan muncul saat adanya kesalahan fatal dalam proses boot-up. Dalam keadaan normal, Anda biasanya disambut oleh "Happy Mac".

2. 404 File Not Found (Web)

Pesan error ini sering kita jumpai pada saat kita browsing di internet dengan halaman yang kita buka tidak ada atau salah dalam mengetikkan alamat URL. Untungnya pesan yang satu tidak bersifat merusak, justru mengingatkan Anda apakah Anda salah mengetik alamat situs.

1. The Blue Screen of Death (Windows)

Diurutan pertama ditempati oleh Windows yang terkenal dengan Windows Blue Screen of Death, pesan error ini terlihat jelas pada saat pembukaan Olympiade Beijing dimana pada saat itu penduduk dunia sedang tertuju. Cara yang sangat mudah untuk menjadi terkenal dalam sekejap? Bayangkan saja jika wajah Anda yang tiba-tiba muncul di situ atau hampir di seluruh bandara udara di dunia? Blue screen pernah muncul di berbagai tempat ramai di seluruh dunia.


Tampak selama upacara membuka Pertandingan Olympiade Beijing.


Di sebuah toko serba-ada Kanada.


Di Airport seluruh dunia.


Dan di Times Square Penn Station

Sumber: kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar