SOLUSI MASALAH RESTART PADA BLACKBERRY

Masalah restart pada BlackBerry sering terjadi akibat data yg bermasalah pd ponsel tsb. Walaupun di Wipe (Format Ulang), maupun diupgrade software, namun masalah tetap terjadi. Ganti Batere, cabut Memory Card, dsb. tetap restart.


Solusinya lakukan erase (Wipe) dahulu dgn program JL_Cmder 1.9.1
Lalu di Upgrade software menggunakan Blackberry Desktop manager terbaru & firmware yg sesuai.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah :

1. Komputer Windows XP/7
2. Blackberry desktop manager 4.3 keatas;
2. Installer file OS Package yang sesuai dengan handheld kita (latest version recommended)

Setelah semuanya siap (siapkan juga diri anda, install at your own risk), sekarang kita mulai langkah-langkahnya:


1. Install BlackBerry Desktop Manager versi 4.3 keatas, saya sendiri menggunakan versi 4.5. Bila anda sudah mempunyai Desktop Manager versi sebelumnya, silahkan upgrade dengan menginstall versi terbaru tanpa uninstall versi sebelumnya (overwrite), kemudian restart komputer bila diperlukan.

2. Install OS package yang sesuai dengan handheld anda, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu current version pada handheld dengan menekan tombol alt+shift+h, dan pastikan OS package yang telah atau akan didownload mempunyai versi diatas App Version handheld anda saat ini.


3. Delete file "vendor.xml" (C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader), jika anda tidak menemukan file tersebut, pastikan setting folder options pada PC dapat melihat hidden files & folders. Mengapa file "vendor.xml" ini harus dihapus sudah saya jelaskan disini


4. Jika anda sudah melakukan langkah No.3 silahkan hubungkan handheld dengan PC menggunakan Desktop Manager, tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi upgrade handheld. Pada halaman check list program silahkan pilih sendiri program yang anda kehendaki untuk terinstall di handheld anda, kalau saya pribadi tidak memilih program-program yang jarang atau bahkan tidak pernah saya gunakan, seperti BlackBerry sample video, help, brickbreaker, aim, dan beberapa input bahasa selain english. Yang terpenting adalah, jangan lupa untuk memilih menu backup restore pada bagian options selama melakukan proses upgrade.



Banyak pertanyaan mengenai dimungkinkan atau tidaknya handheld blackberry utk membaca/mengedit dokumen word, pertanyaan itu terjawab dan teratasi dengan memasang program Docs To Go yang sudah tersedia pada OS package 4.5.XX walaupun hanya bisa read-edit dokumen (.doc) dan read slide (.ppt).

Saya selama ini hanya meng-upgrade handheld blackberry dengan BIS, banyak tulisan -tulisan di forum yang menjelaskan bahwa blackberry dengan BES tidak dapat diupgrade dengan cara-cara diatas. jadi untuk pengguna BES silahkan mencari informasi sebelum anda upgrade handheld kesayangan anda.

Yang juga sering menjadi masalah setelah upgrade adalah, bila anda mempunyai banyak theme sebelum proses upgrade pastikan terlebih dahulu theme-theme tersebut kompatibel dengan app version yang terbaru, jika anda tidak yakin saya anjurkan untuk menghapus semua theme yang anda download sebelum melakukan proses upgrade, langkah ini lebih baik daripada anda menerima notifikasi "app error 523" setelah proses upgrade selesai.
Article Source: Forum Komunitas Teknisi Ponsel Indonesia http://www.forum-handphone.com/showthread.php?t=9082
Article Source: Forum Komunitas Teknisi Ponsel Indonesia http://www.forum-handphone.com/showthread.php?t=9082


Untuk estimated time selama proses upgrade berlangsung lebih kurang sekitar 30 hingga 45 menit.
Selamat mencoba, semoga sukses....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar